Home Tips Kesehatan Ketahui Cara Menjaga Sirkulasi Darah agar Tetap Lancar dibawah ini

Ketahui Cara Menjaga Sirkulasi Darah agar Tetap Lancar dibawah ini

248
0

Ketahui Cara Menjaga Sirkulasi Darah agar Tetap Lancar dibawah ini – Lancar atau tidaknya sirkulasi darah menjadi faktor utama yang menjamin kesehatan seseorang. Pasalnya, seluruh organ tubuh mulai dari ginjal, jantung hingga otak sangat bergantung pada asupan oksigen yang dibawa darah.

Ketahui Cara Menjaga Sirkulasi Darah agar Tetap Lancar dibawah ini

Untuk itu, bisa dikatakan jika kita mengetahui cara Menjaga Sirkulasi Darah agar tetap lancar, sama halnya dengan mengetahui cara menyelamatkan diri dari ancaman penyakit berbahaya.

Cara Menjaga Sirkulasi Darah Agar Tetap Lancar

Sebagaimana diulas diatas, darah memiliki fungsi yang sangat amat sangat penting yakni sebagai penyedia oksigen dan penyalur nutrisi keseluruh tubuh. Jika peredarannya terganggu maka besar kemungkinan jika fungsi organ pun akan terganggu.

Ada beberapa gejala yang bisa diamati ketika sirkulasi darah dalam tubuh kurang lancar antara lain beberapa bagian tubuh yang merasa dingin (biasanya tangan dan kaki), sesak nafas, malas beraktivitas, tubuh lemas, serta denyut jantung yang tidak beraturan.

Jika Anda mengalami gejala diatas, sebelum terlambat, segera terapkan cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar dibawah ini.

1). Tetap aktif

Kebiasaan seperti bersepeda, berlari, berjalan atau segala hal yang membuat tubuh terus beraktivitas merupakan cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Aktivitas ini tak hanya juga mampu mengendalikan berat badan, namun juga mampu meningkatkan detak jantung yang akan memompa darah keseluruh tubuh.

2). Spa

Siapa sangka jika spa juga menjadi cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Pijatan yang dilakukan pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan punggung disebut mampu mengurangi ketegangan otot serta merangsang aliran darah agar tetap lancar.

3). Tidak menyilangkan kaki

Duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam tentu bukanlah kebiasaan yang baik. Hal ini akan berdampak pada terhambatnya sirkulasi darah.

Hal ini bisa semakin parah jika duduk dalam posisi kaki bersilang. Tak hanya memengaruhi sirkulasi darah, posisi duduk ini juga memperburuk postur tubuh.

Makanan dan minuman untuk menjaga sirkulasi darah tetap lancar

Tak hanya dengan menerapkan kebiasaan diatas saja, ada beberapa makanan dan minuman yang juga berperan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Beberapa diantaranya yakni:

1). Mengonsumsi zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan guna membentuk hemoglobin sebagai salah satu bagian pengikat oksigen yang nantinya akan bertugas untuk membawa oksigen keseluruh tubuh.

Konsumsilah beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi yang tinggi untuk melancarkan sirkulasi darah seperti sayuran bewarna hijau, rumput laut, telur, makanan laut dan daging merah.

2). Air putih

Tubuh manusia memerlukan asupan air yang cukup banyak untuk melancarkan aliran darah keseluruh tubuh. Untuk itu minumlah air yang cukup agar sirkulasi darah lancar dan organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Tak hanya itu, asupan air yang cukup juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh serta mengurangi resiko pembekuan darah. Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan air putih dengan daun mint atau perasan lemon untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3). Cabai rawit

Cabai rawit yang terkenal dengan rasa pedasnya ini ternyata memiliki banyak manfaat khususnya untuk mengatasi gangguan pencernaan, pembekuan darah dan juga sirkulasi darah.

Rasa pedas yang dihasilkan mampu memicu aliran darah untuk bergerak lebih cepat. Namun perlu diperhatikan, ini hanya untuk konsumsi cabai rawit dalam jumlah yang wajar saja.

Konsumsi cabai rawit mampu mencegah agregasi trombosit. Selain itu capsaicin yang ada pada cabai juga sangat baik utnuk menjaga tekanan darah, meningkatkan fungsi hati, dan juga memengaruhi mood seseorang.

4). Cokelat hitam

Cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar selanjutnya bisa dilakukan dengan konsumsi cokelat hitam. Ya, cokelat hitam kaya akan polifenol yang mampu meningkatkan aliran darah lewat dilatasi pembuluh darah.

5). Jahe

Mirip dengan cabai rawit, jahe juga baik untuk pencernaan dan mampu menstimulasi sirkulasi darah ke semua organ. Untuk memanfaatkan cabe sebagai cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar, Anda bisa mengonsumsinya dengan menyeduhnya atau menjadikannya wedang.

6). Lemak ikan laut

Ikan laut terkenal akan kandungan omega 3nya. Nah, omega 3 yang ada dalam ikan laut inilah yang mampu menjaga sirkulasi darah dalam tubuh agar tetap normal. Salah satu jenis ikan yang kaya omega 3 adalah tuna.

Selain melancarkan sirkulasi darah, kandungan omega 3 dalam ikan juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi kadar trigliserida pada darah, serta mampu menurunkan tekanan darah.

7). Ginko Biloba

Ginko biloba memiliki sifat pengencer darah dan juga mampu mengurangi ikatan trombosit darah.

Cara diatas adalah 10 cara menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar yang bisa dipraktekkan. Selain beberapa hal diatas, menerapkan pola gaya hidup sehat juga sangat penting agar tubuh bisa terhindari dari berbagai masalah kesehatan akut.

banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, dan salah satunya yakni dengan menjaga agar sirkulasi darah tetap lancar. Bagaimana cara menjaga sirkulasi darah? artikel di atas adalah ulasannya.

Baca Juga : 12 Cara Mudah Merawat Kulit untuk Remaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here