Home Tips Kesehatan Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

171
0

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita – Hal yang sangat perlu dijaga kesahatannya. Beberapa langkah ini bisa membantu menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Pola hidup sehat merupakan sebuah hal yang mesti senantiasa dilakukan, salah satunya adalah menjaga kesehatan reproduksi wanita. Bagi manusia yang namanya organ reproduksi merupakan bagian vital untuk masa depan kehidupannya.

Hal ini didasari bahwa proses perkembangbiakan manusia bermuara pada organ-organ intim ini. Tak jarang juga kematian juga ancaman penyakit mematikan bermula dari organ ini.

Khususnya bagi kesehatan reproduksi wanita merupakan suatu hal yang menjamin kemesraan dengan pasangan terkasih.

Organ reproduksi wanita biasanya identik dengan organ vagina yang selanjutnya akan menjurus pada rahim. Berbagai jenis organ reproduksi pada wanita perlu mendapatkan perlakuan khusus.

Beberapa cara berikut bisa membantu menjaga kesehatan organ penting wanita tersebut.

Kebersihan Vagina Menjamin Kesehatan Reproduksi Wanita

Satu cara yang penting untuk terus dilakukan adalah senantiasa menjaga kebersihan vagina atau kerap disebut dengan Miss V. Jika seorang wanita sering merasa gatal di bagian intim ini, bisa jadi itu sebuah tanda kurang bersihnya organ kewanitaan tersebut.

Terkadang seorang wanita kerap teledor membersihkan miss V seusai kencing. Biasakan selalu membersihkan dengan tuntas bisa dengan tisu atau air mengalir.

Begitu juga ketika sedang masa Menstruasi. Perlakuan yang benar ketika masa ini akan menjamin kesehatan reproduksi wanita. Pilih pembalut yang tepat dan nyaman dipakai.

Jika sudah dirasa terlalu lembab maka segeralah mengganti pembalutnya. Tujuannya sudah pasti agar bagian intim ini selalu kering sehingga tidak menimbulkan bakteri-bakteri berkembang biak. Perilaku baik ini meminimalisir masalah keputihan serta bau tidak sedap pada vagina.

Baca Juga : Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

Pemilihan Celana yang Tepat Menjamin Kesehatan Reproduksi Wanita

Dimulai dari pemilihan model dan ukuran celana dalam menjadi indikator yang perlu diperhatikan. Pilih ukuran yang nyaman serta terbuat dari bahan yang memudahkan sirkulasi udara sehingga miss V tidak lembab.

Selain itu rajin-rajinlah berganti celana dalam. Apabila sudah dirasa lembab dan tidak nyaman maka segera mengganti dengan yang masih bersih dan kering.

Selain memerhatikan pemilihan celana dalam, para wanita nampaknya juga memerhatikan model dan pilihan celana yang digunakan beraktivitas sehari-hari. Sebagai contoh tren model celana jeans, merupakan model yang paling banyak dipilih karena sesuai dengan aktivitas padat para wanita.

Akan tetapi jeans dibuat dari bahan kain tebal serta ketat. Hal ini tentunya memiliki dampak terhadap organ intim wanita.

Apabila miss V kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik maka dampaknya seperti keputihan atau bau tidak sedap. Lebih dalam lagi bahan yang ketat tentunya akan menekan bagian pinggul dan paha.

Akibatnya susunan syaraf di bagian itu akan terganggu hingga memengaruhi tingkat kesuburan bagi wanita. Kesuburan menurun akibat tumbuh jamur pada organ sensitif wanita ini.

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Berat Badan Ideal Membantu Kesehatan Reproduksi Wanita

Berat badan ideal pastinya menjadi impian setiap wanita. Akan tetapi tidak semuanya mudah mencapai hal itu. Berat badan ideal juga bisa menjadi salah satu indikator kesehatan organ reproduksi wanita.

Wanita yang terlalu banyak lemak biasanya dominan lebih mudah mengalami kelembaban pada miss V. selain itu berat badan yang berlebihan bisa memengaruhi kadar hormon dan perkembangan sel telur.

Sehingga cara praktis menjaga kesehatn reproduksi wanita yaitu dengan menjaga berat badan yang ideal. Pola makan sehat serta rajin berolah raga bisa menadi cara yang paling tepat agar tetap langsing dan sehat. Percuma wajah cantik merona tetapi organ kewanitaan tidak sehat.

Istirahat Berkualitas untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Upaya menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan istirahat yang berkualitas. Salah satu faktor yang jangan samapai terlewat adalah manajemen waktu untuk beristirahat.

Kesibukan para wanita setiap harinya tentunya akan menguras tenaga ekstra. Mulai dari kesibukan sebagai wanita karier hingga ibu rumah tangga. Ingat istirahat yang baik adalah 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Sesibuk apapun aktivitasnya berusahalah untuk menyisakan waktu untuk istirahat yang berkualitas. Sama halnya dengan sebuah mesin, tubuh manusia juga perlu eda waktu istirahat. Produktivitas hormon-hormon kewanitaan sangat dipengaruhi dari cukup atau tidaknya organ-organ tubuh beristirahat.

Istirahat yang dimaksud tidak hanya berfokus pada istirahat fisik saja. Manajemen emosional juga perlu diterapkan dengan baik. Emosi yang tidak dikelola dengan benar menimbulkan stress.

Rasa stres inilah yang akan mengganggu kesuburan wanita. Tak jarang banyak wanita yang susah memiliki keturunan lantaran terlalu over bekerja dan bekerja tanpa memedulikan kesehatannya.

Rutin Konsultasi Kesehatan Reproduksi Wanita pada Ahlinya

Langkah terakhir adalah dengan rutin konsultasi kesehatan pada ahlinya. Kesehatan perlu selalu dirawat dengan rutin melakukan cek kesehatan.

Apabila mulai merasa ada hal yang tak beres pada bagian kesehatan reproduksi wanita maka segeralah berkonsultasi pada pihak yang berkompeten. Tujuannya pasti agar segera menemui pemecahan masalah reproduksi khususnya bagi wanita.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here