Home Tips Kesehatan Ingin Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat? Jaga dengan Cara Ini

Ingin Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat? Jaga dengan Cara Ini

346
0

Ingin Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat? Jaga dengan Cara Ini – Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap manusia. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yaitu menjaga organ tubuh agar tetap sehat. Beberapa organ yang harus dijaga kesehatannya seperti paru-paru, jantung dan otak.

Ingin Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat? Jaga dengan Cara Ini

 

Hal menarik untuk dibahas yaitu cara menjaga Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat. Organ ini memegang peranan penting di dalam tubuh. Berfungsi sebagai organ yang memompa darah ke seluruh tubuh sehingga suplai oksigen dan nutrisi tubuh terpenuhi.

Cara Menjaga Paru-paru Agar Tetap Sehat

Mengapa Anda harus menjaga kesehatan paru-paru? Jika terkena penyakit paru-paru kronis pengobatannya mahal dan kemungkinan sembuhnya sedikit. Lebih baik menjaga kesehatan paru-paru sejak dini agar tetap sehat.

Berikut merupakan cara menjaga paru-paru yang dapat dilakukan.

1). Menjaga kebersihan udara di sekitar

Polusi udara jumlahnya semakin meningkat tiap harinya. Berbagai macam sumber polusi udara berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok dan lainnya.

Polusi dapat menyebabkan penyakit paru-paru, oleh karena itu menjaga kebersihan udara di sekitar adalah hal yang penting.

Cara menjaga kebersihan udara dapat dilakukan dengan menanam pohon hijau. Letakkan di halaman rumah, supaya pohon menghalangi karbondioksida masuk ke rumah dengan cara menyerapnya.

Pohon merupakan tanaman penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida terbaik.

2). Olahraga

Seberat apapun pekerjaan Anda, sempatkan untuk olahraga. Melakukan olahraga dapat memperkuat jantung, karena kinerja jantung dalam memompa darah semakin meningkat.

Olahraga dilakukan setiap hari, tak perlu lama cukup 15 sampai 20 menit saja. Jenis olahraga yang dapat dilakukan yaitu senam, lari, push up, zumba, pilates dan lainnya.

Pilih salah satu jenis olahraga dan lakukan rutin setiap harinya. Meluangkan waktu sehari beberapa menit lebih baik daripada kita harus menanggung ancama dari penyakit paru.

3). Tidak mengkonsumsi minuman alkohol

Alkohol dapat menyebabkan penyakit paru-paru, tepatnya memicu terjadinya penyumbatan paru-paru yang menghalangi peredaran darah. bila peredaran darah terhalangi, suplai oksigen dalam tubuh berkurang dan akhirnya penapasan terganggu.

Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya kurangi minum alkohol. Mengganti minuman alkohol dengan air putih dan jus buah menyehatkan.

4). Hindari debu dan asap rokok

Debu masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Banyaknya debu masuk ke dalam tubuh membuat paru-paru terganggu. Tidak hanya debu, asap rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Sewaktu pergi ke tempat umum, Anda bisa mempersiapkan masker agar debu maupun asap rokok tidak masuk pada saluran pernapasan.

5). Mengurangi atau berhenti merokok

Cara menjaga paru-paru dapat dilakukan dengan mengurangi atau berhenti merokok. Rokok mengandung berbagai macam bahan kimia berbahaya.

Jika menghirup asap rokok terlalu banyak menyebabkan paru-paru rusak. Asap yang tidak bisa keluar dari tubuh menimbulkan kanker paru-paru.

Sebagai perokok aktif mungkin Anda memerlukan cara membersihkan paru-paru. Salah satu caranya yaitu berhenti merokok atau minum susu bread brand.

Susu beruang ini mampu membersihkan paru-paru dari zat kimia berbahaya rokok.Meski tidak sepenuhnya bersih tetapi cara tersebut sangat efektif menjaga kesehatan paru-paru.

Berdasarkan cara menjaga paru-paru di atas, Anda bisa mengetahui banyaknya cara untuk membuat paru-paru tetap sehat sampai tua.

Tidak cukup hanya menggunakan cara di atas, sebaiknya imbangi dengan menjaga kesehatan paru-paru dengan mengkonsumsi beberapa makanan.

Banyak makanan menyehatkan yang mendukung kesehatan paru-paru seperti wortel, sayuran hijau, kunyit, dan lain sebagainya.

Cara Menjaga Paru-paru dengan Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan

Paru-paru yang sehat juga dipengaruhi oleh terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut merupakan beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh paru-paru supaya kesehatannya tetap terjaga.

1). Vitamin C

Menurut Journal of the Royal Society of Medicine tahun 2007 vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk menjaga paru-paru agar terhindari dari pneumonia. Vitamin C sangat ampuh menyembuhkan penyakit asma.

Vitamin C dapat ditemukan pada buah jeruk, buah markisa dan lainnya. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut untuk mendapatkan asupan nutrisi vitamin C.

2). Karotenoid

Karotenoid merupakan pigmen berwana cerah, biasanya terdapat pada bayam, wortel, kangkung, tomat, ubi jalar, dan labu kuning. Pigmen ini mampu mencegah terjadinya kanker paru-paru, asma, peradangan, PPOK, dan peradangan.

3). Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan fungsi atau kinerja paru-paru. Memakan makanan yang mengandung vitamin E mendukung kesehatan paru-paru agar tetap terjaga. Berbagai bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin E paling banyak yaitu minyak bunga matahari, sayuran hijau, susu, dan gandum.

Itulah daftar nutrisi penting yang diperlukan paru-paru. Sebenarnya masih ada kandungan nutrisi lainnya seperti mineral dan vitamin B.

Bila Anda ingin menjaga kesehata paru-paru secara maksimal, lebih baik mengkonsumsi semua kandungan di atas setiap hari. Nutrisi di atas mampu melawan radikal bebas yang menyerang paru-paru, sehingga paru-paru tetap sehat.

Paru-paru merupakan organ yang berfungsi sebagai memompa darah dan nutrisi di dalam tubuh, sehingga kesehatannya perlu dijaga.

Baca Juga : Jangan Biarkan Aktivitas Terganggu karena Kesehatan Lambung Terganggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here