Home Tips Kesehatan Kebiasaan yang Menyebabkan Kesehatan Pankreas Memburuk

Kebiasaan yang Menyebabkan Kesehatan Pankreas Memburuk

219
0

Kebiasaan yang Menyebabkan Kesehatan Pankreas Memburuk – ada beberapa sebab kesehatan pankreas memburuk. Kebiasaan kita sehari hari banyak yang menimbulkan kesehatan pankreas memburuk, sehingga berakibat fatal pada tubuh.

Kebiasaan yang Menyebabkan Kesehatan Pankreas Memburuk

Ada beberapa kebiasaan yang menjadi sebab kesehatan pankreas memburuk. Jika kita tidak menghindari sebab kesehatan pankreas memburuk, maka pankreas kita terancam tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa saja sebab kesehatan pankreas memburuk, agar kita bisa meminimalisir kebiasaan yang menjadi sebab kesehatan pankreas memburuk.

Biasanya, kebiasaan buruk yang kita anggap sepele sering kita lakukan dalam sehari hari. Karena terlalu menganggap sepele sehingga kita tidak sadar bahwa hal tersebut berbahaya bagi kesehatan kita dan menghambat kinerja organ tubuh yang penting.

Kebiasaan yang Menjadi Sebab Kesehatan Pankreas Memburuk

Sangat penting untuk kita pelajari kebiasaan apa saja yang menjadi sebab kesehatan pankreas memburuk. Karena pankreas adalah salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan pankreas dan mengatasi semua sebab kesehatan pankreas memburuk.

Sebelum menuju kepada sebab kesehatan pankreas memburuk, alangkah lebih baik kita ketahui fungsi pankreas terlebih dahulu agar kita mengetahui seberapa penting peran pankreas di tubuh kita.

1. Pankreas menghasilkan suatu enzim yang berperan dalam pencernaan

Ada 3 enzim yang dihasilkan oleh pankreas yaitu enzim yang memecahkan karbohidrat, memecahkan lemak dan juga protein. Ketiga enzim yang dihasilkan tersebut membantu dalam metabolisme makanan sebelum masuk ke dalam lambung.

2. Pankreas menghasilkan hormon insulin

Hormon insulin sangat berperan penting dalam darah manusia, karena ia berfungsi untuk menormalkan kadar gula dalam darah.

Sehingga apabila pankreas mengalami gangguan dan tidak mampu menghasilkan hormon insulin, maka darah akan berpotensi mengalami kadar gula yang tinggi dan menyebabkan penyakit diabetes atau biasa juga disebut sebagai penyakit kencing manis.

Nah, agar pankreas kita tetap sehat dan tidak mengalami gangguan, maka kita harus mengurangi berbagai kebiasaan yang dapat menyebabkan kesehatan pankreas semakin buruk.

Penyebab memburuknya kesehatan Pankreas

Berikut adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kondisi pankreas memburuk.

– Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk masyarakat yang turun temurun dari zaman nenek moyang. Kebiasaan ini terkenal sangat susah diberhentikan, karena rokok mengandung bahan nikotin yang dikenal membuat penggunanya kecanduan.

Meskipun kemasan rokok sudah diberi peringatan akan bahayanya rokok, ternyata hal itu tidak memberi efek apapun bagi penggunanya. Sehingga hanya segelintir orang saja yang mampu memberhentikan dirinya dari mengonsumsi rokok.

Rokok tidak hanya menimbulkan Kanker Paru paru, tetapi ternyata rokok juga dapat memicu timbulnya Kanker Pankreas. Hal ini disebabkan oleh nikotin yang dihisap akan berpotensi merusak sel sel pankreas.

Rusaknya sel sel pankreas inilah yang nantinya menyebabkan munculnya kanker pankreas. Jadi, apakah masih mau merokok?

Minum minuman Beralkohol

Tidak hanya rokok, kebiasaan meminum minuman yang mengandung Alkohol juga dapat memicu rusaknya sel sel pankreas.

Terlebih jika telah terbiasa dan mengonsumsi Alkohol dalam waktu yang lama dengan kadar yang banyak, maka bisa menimbulkan radang pada pankreas dan juga mengakibatkan gangguan fungsi empedu.

Oleh sebab itu, mari kita hindari konsumsi alkohol dari sekarang dan jangan pernah coba coba untuk mengonsumsi, karena kandungan alkohol juga menyebabkan penggunanya mengalami kecanduan.

Kurang mengonsumsi Air Mineral

Kebiasaan ini sangat sepele dan banyak orang tidak menganggapnya sebagai hal serius. Padahal kurang mengonsumsi air mineral akan menimbulkan tubuh kita kekurangan cairan.

Kurangnya cairan dalam tubuh akan menimbulkan fungsi organ organ tubuh terganggu, salah satunya adalah pankreas.

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan fungsi pankreas dalam menghasilkan enzim pencernaan terganggu, sehingga berakibat pada fungsi organ tubuh yang lain.

Pola makan yang tidak teratur

Pola makan tidak teratur hampir terjadi pada setiap orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Dengan alasan tidak sempat, ternyata juga beresiko fatal bagi Kesehatan Pankreas.

Pola hidup yang tidak sehat

Sering memakan makanan berkalori tinggi, mengandung Kolesterol, berlemak tinggi dan tidak diimbangi dengan mengonsumsi sayur dan makanan lain sehingga tidak memenuhi kebutuhan tubuh seperti dalam kandungan empat sehat lima sempurna juga memicu kerusakan pada pankreas.

Hal ini dikarenakan kandungan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh berlebihan, sehingga menimbulkan radang pada pankreas yang dapat mengakibatkan Pankreatitis. Penyakit ini terjadi dengan cepat dan tergolong susah untuk disembuhkan.

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak

Camilan adalah teman sejati setiap saat, dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi, kita harus pintar pintar dalam memilih camilan.

Camilan yang mengandung karbohirat dan lemak tinggi dapat menimbulkan penumpukan lemak sehingga berat badan naik. Jika hal itu terjadi terus menerus, maka obesitas dapat menimpa hidup kita.

Kelebihan berat badan atau dikenal dengan obesitas juga tidak baik untuk kesehatan pankreas.

Hal ini karena penumpukan lemak di sekitar pankreas akan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar, sehingga pankreas tidak bisa bekerja dengan optimal.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat memperburuk organ pankreas Anda. Kebiasaan tersebut tentu mulai sekarang perlu Anda hindari agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Baca Juga : Fungsi Sistem Saraf yang Terdapat pada Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here