Home Tips Kesehatan Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

207
0

Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian? – Tidak bisa dipungkiri lagi jika katarak bisa picu kebutaan dan hal ini disebabkan oleh berbagai hal yang memang seharusnya harus diatasi sejak dini.

Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

Katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan yang menyerang semua usia, baik itu usia bayi hingga lansia. Dalam kondisi yang sangat parah, katarak bisa picu kebutaan pada penderitanya.

Oleh sebab itu, penting mengetahui gejala penyakit ini sejak dini sebagai bentuk pencegahan atas dampak yang lebih buruk. Jika memang didapati adanya gangguan penglihatan, maka akan lebih baik jika segera dikonsultasikan kepada pihak medis.

Kaitannya dengan katarak bisa picu kebutaan ini pada hakikatnya terjadi pada kondisi yang sudah sangat parah dan terlambat dalam mendapatkan penanganan medis.

Beberapa tindakan medis yang akhir-akhir ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan atas semakin parahnya katarak tersebut adalah dengan melakukan operasi.

Ketika operasi tersebut dilakukan, maka sangat besar kemungkinannya seseorang akan bisa mendapatkan penglihatannya kembali dengan baik.

Baca Juga : Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

Sekilas tentang penyakit katarak

Permasalahan katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan yang terjadi pada lensa mata hingga akhirnya menyebabkan mata menjadi keruh sekaligus juga berawan.

Pada gejala awal, permasalahan ini tidak disadari oleh penderitanya dan menganggap hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, katarak bisa picu kebutaan ketika terus dibiarkan saja tanpa adanya tindakan pengobatan.

Disebutkan bahwa permasalahan penglihatan ini sering kali terjadi pada pria dan wanita yang telah berusia lanjut. Sekalipun demikian, hal ini juga tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang masih muda untuk terserang katarak atas paparan sinar UV yang berlebih dalam jangka waktu panjang.

Mengerikannya lagi, bayi yang baru saja lahirpun juga bisa mengalami katarak ketika orang tuanya memiliki riwayat katarak sebelumnya. Dalam jangka panjang, katarak bisa picu kebutaan.

Untuk menghindari dampak negative atas katarak bisa picu kebutaan ini, penting sekali mengetahui berbagai gejala katarak yang sesungguhnya.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka tindakan penanganan akan bisa segera dilakukan demi menghindarkan efek buruk atas katarak itu sendiri.

Berikut beberapa gejala awal permasalahan katarak yang sering ditemukan.

  1. Adanya pandangan mata yang mulai kabur.
  2. Perubahan warna mata yang terlihat memudar.
  3. Perasaan silau yang terasa ketika Anda sedang melihat cahaya matahari ataupun lampu.
  4. Terjadinya pandangan ganda.
  5. Penurunan kemampuan dalam melihat di malam hari.
  6. Munculnya kebiasaan atas penggantian ukuran kacamata yang sangat sering.

Jika Anda mendapati adanya pertanda tersebut pada diri Anda, maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter mata.

Mintalah suatu kepastian jika memang Anda saat ini tidak mengalami yang namanya katarak. Dengan demikian, permasalahan katarak bisa picu kebutaan akan bisa diselesaikan lebih awal.

Permasalahan katarak di Indonesia

Di Indonesia, permasalahan katarak bisa picu kebutaan memang sangatlah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka penderita katarak di Jawa Timur yang mencapai 4.4% se Indonesia.

Dilansir dari WHO melalui Nila Faried Moeloek yang merupakan Menkes RI mengungkapkan jika permasalahan katarak ini telah menyebar di 15 provinsi yang ada di Indonesia dengan angka persebaran 2% di setiap wilayahnya.

Padahal, diharapkan di masa yang akan datang, permasalahan katarak ini bisa mengalami penurunan hingga mencapai presentase 0,5% hingga akhirnya permasalahan katarak bisa picu kebutaan bisa ditekan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pihak Menteri Kesehatan RI menghimbau agar setiap provinsi berusaha menekan angka terjadinya katarak sehingga diharapkan masyarakat Indonesia akan semakin produktif.

Katarak Menyebabkan Kebutaan

Dalam kondisi yang sangat parah, katarak bisa picu kebutaan dan yang demikian ini benar adanya. Disebutkan bahwa katarak sendiri disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penggumpalan protein yang terjadi pada lensa mata sehingga menyebabkan pandangan mulai kabur dan tidak jelas.
  • Lensa mata yang sebelumnya jernih akan berubah menjadi keruh atau kuning kecoklatan seiring dengan keparahan dari permasalahan katarak tersebut.
  • Pola hidup yang tidak sehat seperti minum alcohol hingga paparan sinar UV yang berlebih bisa menyebabkan terjadinya katarak.

Sebagai bentuk pencegahan atas terjadinya kebutaan yang disebabkan oleh katarak, tindakan operasi bisa dijadikan sebagai pilihan.

Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

Kaitanya dengan katarak bisa picu kebutaan, banyak masyarakat yang belum memahaminya sehingga angka kebutaan karena katarak sangatlah tinggi.

Padahal dengan melakukan tindakan operasi yang bisa dibilang biayanya sangat terjangkau atau sekitar Rp 600,000 hingga Rp 1,000,000 angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak akan turun.

Berbicara mengenai katarak bisa picu kebutaan ini, disebutkan bahwa jika sebuah mata yang terdiagnosa mengalami katarak tersebut mengalami kekeruhan dalam jangka panjang, maka hal ini sangat berpotensi terjadinya kebutaan.

Dikutip dari dara Departemen Kesehatan RI, disebutkan bahwa 50% kebutaan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh adnaya permasalahan katarak. Jika permasalahan ini ditangai secara intensif, maka permasalahan katarak ini bisa ditekan.

Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here