Home Tips Kesehatan Karies Gigi Anak Kenali Sedini Mungkin Penyebabnya

Karies Gigi Anak Kenali Sedini Mungkin Penyebabnya

597
0

Karies Gigi Anak Kenali Sedini Mungkin Penyebabnya – Gigi merupakan salah satu indikator tumbuh kembang anak, namun jika karies gigi terjadi pada anak-anak apakah penyebabnya? Sebelum membahasa mengenai penyebabnya.

Karies Gigi Anak Kenali Sedini Mungkin Penyebabnya

Mari berkenalan dahulu dengan penyakit gigi yang bernama karies. Penyakit gigi yang sering dialami oleh anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

karies gigi anak atau gigis merupakan penyakit yang sering menyerang gigi anak. Penyakit ini sangat mengganggu perkembangan anak. Kenali beberapa penyebab karies gigi anak, yang dipaparkan berikut.

Apa Itu Karies Gigi Anak?

Karies atau akrab disebut dengan Gigis merupakan sebuah penyakit kronis yang berasal dari bagian jaringan keras sebuah gigi. Hal ini disebabkan karena demineralisasi bagian email gigi.

Akibat dari gangguan yang disebabkan bakteri plak gigi ini biasanya mengakibatkan gigi nambak seperti keropos dengan warna coklat kehitaman. Gangguan karies gigi ini tentunya memengaruhi pola makan serta perkembangan pada anak.

Penyebab Karies Gigi pada Anak-anak

1. Model Gigi Anak

Penyebab pertama berasal dari model gigi si anak sendiri. Hal ini didasari dari model atau bentuk gigi setiap anak yang tidak sama. Terkadang ada yang besar-besar dan rapat, ada juga yang kecil dan jarak antar gigi yang cukup lebar.

Nyatanya model gigi ini memiliki andil cukup besar untuk masalah penyakit Karies. Susunan gigi inilah yang menjadi tempat sisa-sisa makanan untuk menyarang dengan aman. Sehingga sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk dan tumbuh menadi karies gigi.

Berdasarkan fenomena yang dijumpai di sekitar, gigi bagian geraham serta belakanglah yang paling rentan terkena karies. Alasannya letak gigi yang cukup sulit untuk dijangkau sikat gigi. Selain itu bagian gigi ini pulalah yang memiliki model yang enak untuk sarang bakteri atau kumat di mulut.

2. Dot Penyebab Karies Gigi

Berikutnya adalah kebiasaan menggunakan dot pada anak usia Batita. Dot merupakan salah satu alat untuk membantu minum susu anak. Akan tetapi penggunaan dot yang salah sangat berpotensi menyebabkan gigi gigis. Hal ini lantaran ketika anak menggunakan dot sebelum tidur pada malam hari.

Ketika minum susu dengan dot biasanya hingga si anak tidur pulas, sehingga dibagian mulutnya akan penuh dengan susu.

Kondisi yang sepertii itu tidak berbanding lurus produksi air liur yang sedikit sehingga bakteri akan nyaman berkembang di bagian gigi anak. Kebiasaan buruk inilah yang menjadi penyebab banyak anak usia di bawah 3 tahun terkena karies gigi.

3. Produktivitas Ludah Penyebab Karies Gigi

Ludah atau air liur merupakan salah satu perlindungan diri yang ada di mulut. Sehingga ludah akan menadi sangat penting untuk melawan penyakit karies pada gigi anak. Kandungan ludah ternyata bertugas membersihkan segala jenis kuman serta bakteri yang masuk ke mulut.

Di samping itu ludah juga menangkal produksi asam hingga tumpukan sisa-sisa makanan yang melekat di gigi. Sehingga bisa disimpulkan semakin banyak produktvitas ludah anak, maka anak itu kemungkinan kecil terkena karies.

Begitu juga sebaliknya jika produksi ludah yang di bawah normal maka si anak akan sangat mudah terkena yang namanya karies gigi.

4. Pola Makan dan Minum Penyebab Karies Gigi

Penyebab karies gigi pada anak yang selanjutnya adalah makanan dan minuman yang manis. Kebanyakan anak menyukai makanan dan minuman dengan rasa manis.

Misalnya makan permen, cokelat, kue, susu, dan yang tidak ketinggalan tentunya es krim. Kebiasaan makan dan minum yang seperti ini sangat rentan menyebabkan penyakit gigi tersebut.

Disadari atau tidak kandungan gula pada makanan dan minuman merupakan kesukaan dari bakteri penyebab karies. Bakteri akan cepat berkembang dan semakin banyak produksi asam yang merusak gigi.

Apabila email gigi sudah diselimuti asam, maka gigi lama kelamaan akan keropos atau gigis. Sehingga gigi akan rusak dan memengaruhi nafsu makan anak.

5. Jarang Gosok Gigi Semakin Dekat dengan Karies Gigi

Anak-anak tentunya suka makan dan minum tidak peduli siang atau malam. Terlebih jika yang dikonsumsi adalah makanan atau minuman favoritnya.

Apalagi si anak belum terbiasa menyikat gigi setelah makan. Kebanyakan anak usia Batita akan minum susu dahulu sebelum tidur malam. Kebiasaan ini sangat rentan menimbulkan tumbuh kembang bakteri ahat di mulut.

Sebagai orang tua yang bijak, sudah seharusnya memberikan bimbingan sejak dini akan pentingnya menggosok gigi. Biasakan gosok gigi minimal sebanyak 2 kali dan ditambah 1 kali sebelum tidur untuk setiap harinya.

Gigi yang rutin mendapat perwatan dengan gosok gigi tentunya akan jauh lebih sehat ketimbang yang jarang digosok. Jadi gosok gigi yang rutin agar tidak terkena penyakit karies gigi.

Beberapa penjelasan di atas sekiranya bisa membantu untuk melakukan pencegahan dini karies gigi anak. Jangan remehkan karies atau gigis pada gigi anak, nyatanya penyakit ini sangat memengaruhi kesehatan dan perkembangan anak.

Biasakan pola hidup sehat dengan memberikan pengetahuan tentang kesehatan gigi pada anak dengan rutin dan penuh perhatian.

Baca Juga : 5 Kondisi Lidah yang bisa Menjadi Indikasi Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here