Home Tips Kesehatan Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

57
0

Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya – jenis darah yang ada pada manusia berdasarkan golongannya, ada 4, yakni golongan darah O, A, B, dan AB. Sedangkan jenis darah berdasarkan sel penyusunnya terbagi menjadi 4. Apa saja? Yuk ketahui selengkapnya berikut.

Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

Hampir 90% tubuh manusia terdiri dari air. Sebagian besar jenis air yang ada di dalam tubuh adalah berupa cairan berwarna merah yang kental, yakni darah.

Darah menjadi alat metabolisme yang sangat penting bagi tubuh manusia. Setiap sudut tubuh manusia pasti dialiri darah. Untuk itulah kemudian kita mengenal jenis-jenis darah yang ada pada manusia.

Ada orang yang menyatakan bahwa darahnya O. Ada juga yang A, AB, atau B. Setiap orang akan memiliki golongan darah yang sama berdasarkan pada garis keturunannya. Jika ayah darahnya O, maka salah satu anak akan ikut darah anaknya.

Selain itu, ada kasus di sekitar kita yang menyatakan bahwa darahnya tinggi, darahnya rendah, atau trombositnya naik. Keadaan-keadaan tersebut menyatakan bahwa kesehatan manusia memang sedang mengalami penurunan. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa saja jenis darah itu.

Jika kasusnya menyatakan bahwa darah anak akan ikut darah O ayahnya, maka jenis darah akan didasarkan pada golongannya. Berbeda lagi dengan kasus tentang kasus kadar trombosit menurun, maka yang menurun adalah keeping darahnya. Maka yang menjadi pembicaraan di sini adalah tentang jenis darah berdasarkan sel penyusunnya.

Selain itu, jenis darah yang ada pada manusia akan berbeda ceritanya kalau kasusnya adalah tentang darah tinggi dan darah rendah, maka kita tidak membicarakan jenis darah pada manusia, melainkan membicarakan tentang tekanan darah. Namun bisa juga dinyatakan sebagai jenis darah berdasarkan tekanannya.

Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Jenis Darah yang Ada Pada Manusia Berdasarkan Golongannya

Tanpa berpikir panjang, maka kita akan paham tentang apa saja jenis darah yang ada pada manusia berdasarkan golongannya. Kita pasti akan membicarakan tentang jenis darah berdasarkan tipenya.

Ada 4 golongan darah yang wajib kita ketahui, yaitu golongan darah O, golongan darah A, golongan darah AB, dan juga golongan darah B.

Masing-masing golongan darah tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya :

1. Golongan Darah O

Ini adalah golongan darah yang paling umum dimiliki orang. Sifat dari golongan darah ini adalah tidak memiliki antigen A maupun B. namun golongan darah O ini bersifat dermawan, karena bisa membantu kesulitan darah para pemilik golongan darah A maupun B.

Bahkan untuk semua golongan darah, termasuk golongan darah AB. Namun golongan darah ini tidak bisa menerima sumbangan darah atau transfuse dari golongan darah lain selain golongan darah O.

2. Golongan Darah A

Sifat dari golongan darah yang satu ini hanya memiliki antigen A saja pada sel darah merah atau eritrositnya. Namun golongan darah ini memiliki antibody untuk disumbangkan ke golongan darah B atau AB.

Saat kekurangan darah, golongan darah A hanya bisa menerima dari sesame golongan darah A dan bisa juga didapat dari golongan darah O.

3. Golongan Darah B

Sifat dari golongan darah ini hampir sama dengan golongan darah A. Bisa dikatakan sama persis. Di mana golongan darah B ini memiliki antigen B tetapi memiliki antibody untuk A, sehingga bisa menyumbangkan darah untuk orang yang bergolongan darah B dan AB.

4. Golongan Darah AB

Ini adalah golongan darah yang paling berbeda dari golongan darah yang lainnya. Di mana golongan darah ini memiliki antigen A dan B di dalam eritrositnya, sehingga cocok disumbang oleh golongan darah A, B, dan juga O.

Namun golongan darah AB tidak bisa membalas kebaikan golongan darah yang lainnya, karena hanya bisa memberikan transfuse kepada sesame golongan darah AB.

Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

Semua orang akan memiliki golongan darah sesuai dengan tes yang dilakukan. Tes golongan darah ini secara sederhana hanya menggunakan kertas lakmus.

Namun kini sudah ada alatnya sendiri. Bahkan hasilnya nanti bukan hanya akan menyatakan golongan darah A, B, atau O saja melainkan juga ditambah dengan identitas rheasusnya. Apakah rheasus + atau positif atau rheasus – atau negatif.

Jenis Darah yang Ada Pada Manusia Berdasarkan Sel Penyusunnya

Jenis darah yang ada pada manusia jika didasarkan pada sel penyusunnya, maka kita harus mengenal 4 jenis sel darah, yakni sel darah merah (eritrosit), keping darah (trombosit), dan sel darah putih (leukosit) serta plasma darah.

1. Plasma Darah

Ini adalah jenis darah yang ada pada manusia yang merupakan sel dominan yang membentuk darah di tubuh manusia. Di mana plasma darah ini terdiri dari lebih dari 90% cairan, sehingga fungsinya sangat vital.

Plasma darah berfungsi sebagai penyeimbang tubuh, mempercepat pembekuan darah, mengangkut sel darah ke seluruh tubuh.

2. Sel Darah Merah atau Eritrosit

Fungsi dari jenis darah yang ada pada manusia ini adalah memberikan warna merah pada darah. selain itu, perannya juga berkaitan dengan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia, yakni membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Sel Darah Putih ( Leukosit)

Letak dari jenis darah yang ada pada manusia ini adalah berada di tulang belakang, karena memang sel darah putih diproduksi oleh sumsum tulang belakang.

4. Keping Darah (Trombosit)

Kita akan merasakan manfaat dari jenis darah yang ada pada manusia saat terluka atau tergores. Luka akan segera mongering dan menutup kembali karena kadar trombosit yang bagus. Jika berkurang maka akan membuat luka sulit kering.

Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

Banyak jenis darah yang ada pada manusia yang perlu kita ketahui. Namun catatannya adalah kita tahu dasar dari klasifikasi darah itu sendiri, sehingga kita paham fungsinya masing-masing di dalam tubuh kita.

Baca Juga : Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here