Home Tips Kesehatan Jaga Kesehatan Hati Sebelum Terlambat Menyadari Betapa Pentingnya

Jaga Kesehatan Hati Sebelum Terlambat Menyadari Betapa Pentingnya

504
0

Jaga Kesehatan Hati Sebelum Terlambat Menyadari Betapa Pentingnya – Sebagian orang sehat mungkin tak menyadari tentang fungsi liver atau hati bagi tubuh secara menyeluruh.

Jaga Kesehatan Hati Sebelum Terlambat Menyadari Betapa Pentingnya

Jangan tunggu hingga liver sakit baru sadar dengan pentingnya organ tubuh satu ini. Kesehatan Hati begitu vital dalam kelangsungan kinerja baik seluruh organ tubuh lainnya.
Lebih lengkapnya tentang organ vital ini akan diulas lebih lengkap dibawah ini.

Berbagai Fungsi Liver bagi Tubuh

Liver atau hati merupakan kelenjar paling besar dalam tubuh. Orang dewasa, rata-rata memiliki berat hati sekitar 1,4 kilogram.

Liver berwarna coklat kemerahan dan terletak di rongga perut kanan atas, di bagian bawah diafragma, di kanan lambung. Organ ini terlindungi tulang rusuk. Adapun organ satu ini memiliki begitu banyak fungsi yang penting antara lain:

1). Menghancurkan eritrosit (sel darah merah) yang telah tua. Karena proses inilah maka tinja berwarna cokelat. Apabila tinja justru berwarna pucat, atau urine jadi berwarna gelap, maka hal itu bisa jadi pertanda terdapat masalah masalah kesehatan hati.

2). Membersihkan aliran darah dari zat berbahaya, misal racun, alcohol dan senyawa buruk dari obat-obatan.

3). Membantu proses metabolisme protein, yang dikeluarkan bersamaan dengan urine melalui ginjal.

4). Menyimpan energi dalam wujud glikogen lalu diubah menjadi glukosa ketika kadar glukosa dalam darah pada jumlah rendah.

5). Menyimpan zat besi, asam folat, vitamin A, D, B12 dan K.

6). Memproduksi trigliserida dan kolesterol, sekaligus protein pembawanya supaya dialirkan darah.

7). Memproduksi protein, diantaranya albumin. Memproduksi protein pembeku darah serta menjaga sistem daya tahan tubuh.

8). Memproduksi hormon pertumbuhan terutama saat masa anak-anak dan remaja.

9). Menghasilkan cairan empedu untuk membantu proses pencernaan makanan.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu fungsi hati memang mengubah berbagai senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh agar menjadi tak terlalu berbahaya. Namun apabila jumlah zat berbahaya yang masuk dalam tubuh terlalu banyak, maka liver tidak akan sanggup mengatasinya hingga mengakibatkan kerusakan fungsi hati.

Begitu pula beberapa jenis senyawa beracun, ada yang tertinggal dalam liver, hal itu juga dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel liver. Agar liver dapat tetap mampu berfungsi normal, sebaiknya jaga kesehatan hati dengan cara :

1). Pilih Makanan Organik

Apa yang dimakan setiap hari akan sangat menentukan kesehatan hati. Di zaman modern seperti saat ini, berbagai bahan makanan terkontaminasi pupuk sintesis, pestisida, antibitika, pengawet, pewarna dan perasa/perisa kimiawi. Apabila membiasakan makan makanan organik, kinerja liver tidak akan terlalu berat karena tidak banyak zat beracun yang harus dibersihkan.

2). Batasi Konsumsi Gula Berlebihan

Makanan berminyak, dan Makanan Instan Berpengawet/Berperisa
Lemak trans dari minyak dan gula menjadi dua hal yang bisa menjadikan kerja organ liver Anda jadi lebih berat. Jenis lemak trans biasanya mudah ditemukan dalam makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Sedangkan zat gula mudah ditemukan dalam makanan atau minuman tinggi karbohidrat, bersoda dan berbagai makanan ringan.

3). Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Mengkonsumsi sayuran dan buah akan membantu kesehatan hati tetap baik, terlebih berbagai makanan yang kaya kandungan sulfur seperti brokoli, bawang bombay, kale, bawang putih, kembang kol, brussels sprout dan sebagainya. Jenis sayuran tersebut juga bisa membantu detoksifikasi tubuh pada organ hati.

Sayuran dan buah yang kaya serat juga bisa membantu proses pengeluaran senyawa beracun di saluran pencernaan. Selain itu, kayu manis, Kunyit, dan licorice dapat pula mendukung kesehatan hati.

4). Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol bisa membunuh sel-sel sehat pada organ hati. Hal tersebut menyebabkan kerusakan organ hati hingga dapat berujung terjadinya perlemakkan, peradangan, bahkan sirosis hati. Hindari mengonsumsi alkohol sebisa mungkin, agar organ hati sehat sepanjang usia Anda.

5). Konsumsi Obat-obatan Sesuai dengan Anjuran Dokter

Apabila berobat secara medis tentunya tak akan lepas dari obat-obatan kimiawi. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi obat-obatan secara benar, yakni sesuai dosis yang telah dianjurkan dokter. Apabila konsumsi obat-obatan kimiawi Anda menahun, maka hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan hati.

6). Berolahraga dengan Teratur

Berolahraga merupakan cara yang bisa menurunkan resiko terjadi perlemakan hati sebab tidak hanya membantu menormalkan berat badan. Olahraga juga membantu menyehatkan hati. Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga selama 150 menit per minggu bisa membantu turunkan kadar enzim dalam hati.

7). Mulailah Stop Merokok

Merokok sangat berpengaruh mengganggu kinerja hati. Merokok juga akan memperlemah fungsi hati yang sudah mengalami gangguan.

Makanan dan Minuman yang Baik Bagi Hati

Selain menjaga kesehatan hati dengan beberapa cara yang sudah diulas diatas, kita juga harus tahu apa saja jenis makanan dan minuman yang bagus untuk hati. Hal ini tak lain untuk mencegah penyakit liver. Berikut beberapa makanan dan minuman yang disebut baik untuk menjaga hati.

– Air

Zat racun dalam tubuh akan lebih mudah keluar melalui air seni serta keringat. Direkomendasikan minum air putih 2-3 liter setiap hari. Dengan demikian, kinerja hati tidak terlalu dipaksakan hingga mempercepat kerusakan sel-sel hati.

– Sayuran cruciferous

Ini ialah jenis sayuran seperti brokoli, bok choy, kol, daikon dan kembang kol. Jenis sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan phytonutrientsflavonoid, sulforaphane, indoles dan carotenoid. Zat alami tersebut dapat membantu liver menetralkan senyawa kimia berbahaya, pestisida, dan karsinogen.

– Sayuran hijau

Jenis sayur-sayuran hijau ini direkomendasikan untuk kesehatan hati. Tak hanya mendetoksifikasi, sayuran hijau juga menrangsang produksi cairan empedu untuk mendukung proses pencernaan serta penyerapan lemak.

– Tanaman laut

Algea atau tanaman laut juga baik bagi organ hati. Beberapa contohnya arame, kombu, nori, wakame, dulse, hijiki, dan kelp.

Selain 4 tersebut, kacang-kacangan, biji-bijian berkecambah, bahan makanan kaya sulfur, buah-buahan, makanan kaya prebiotik, aneka rempah-rempah, makanan kaya omega 3 dan protein hewan diyakini sangat baik untuk kesehatan hati.

Baca Juga : Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here