Home Tips Kesehatan Fungsi Sistem Saraf yang Terdapat pada Manusia

Fungsi Sistem Saraf yang Terdapat pada Manusia

409
0

Fungsi Sistem Saraf yang Terdapat pada Manusia – Anda harus tahu betapa pentingnya saraf pada manusia, menurut fungsinya. Agar tidak ketinggalan informasi maka langsung saja simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut!

Fungsi Sistem Saraf yang Terdapat pada Manusia

Anda harus tahu betapa pentingnya saraf pada manusia menurut fungsinya. Semua kegiatan atau pergerakan anggota tubuh tidak lepas dari kerja saraf yang maksimal.

Dalam hal ini, sinyal listrik yang telah dihasilkan dengan bentuk impuls saraf dapat berhubungan dengan respon yang sangat cepat terhadap rangsangan.

Disini akan kita ulas kembali secara mulai dari pengertian sistem saraf dan bagian-bagian serta fungsinya secara lengkap.

Pentingnya Fungsi Sistem Saraf Tubuh

Berikut beberapa fungsi dari sistem saraf pada manusia :

1. Pengertian sistem saraf pada manusia

Sistem saraf pada manusia adalah pengaturan tubuh dengan penghantaran impuls ke dalam saraf pusat serta perintah member tanggapan terhadap rangsangan alam sekitar.

Bagian paling kecil yang melaksanakan saraf pada manusia yaitu Neuron atau bisa juga disebut sel saraf. Sistem saraf sangat berpengaruh bagi tubuh dan berperan sebagai Iritabilitas Tubuh.

Iritabilitas Tubuh adalah kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsangan. Dengan adanya iritabilitas, makhluk hidup dapat menanggapi serta menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang ditinggalinya.

Saraf pada manusia terbagi menjadi dua sistem, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer. Dalam sistem saraf pusat terdapat otak serta sumsum tulang belakang, sedangkan dalam sistem perifer terdapat sistem saraf otonom dan sistem saraf somatik.

Ada tiga fungsi utama yang dimiliki oleh sistem saraf pada manusia yaitu menerima rangsang atau Stimulus, kemudian memproses informasi yang sudah diterima, dan yang terakhir yaitu memberikan tanggapan atas rangsangan yang diterima.

2. Bagian sistem saraf pada manusia serta fungsinya

Terdapat satu sel pada sistem saraf manusia yang biasa disebut dengan neuron.

Fungsinya untuk mengantarkan rangsangan yang telah diterima kepada panca indra yang akan dilanjutkan menuju otak sehingga didapatkan hasil dari proses tersebut dengan sebuah tindakan oleh otot.

A. Neuron

Neuron sendiri memiliki tiga bagian utama yaitu, Dendrit, Badan Sel, dan Akson.

Selain itu Neuron juga masih memiliki bagian-bagian lain yang sangat membantu dalam proses saraf pada manusia.

– Dendrit adalah serabut sel saraf yang pendek serta memiliki cabang yang banyak. Dendrit ini adalah perluasan dari badan sel yang berfungsi untuk menerima rangsangan kemudian mengantarkannya ke badan sel.

– Badan sel, Merupakan bagian yang paling besar yang terdapat dalam sel saraf yang berfungsi menerima rangsang dari dendrit lalu melanjutkannya menuju Neurit atau Akson.

Akson, Bisa juga disebut dengan Neurit adalah tonjolan Sitoplasma yang panjangnya melebihi dendrit dan berfungsi untuk menjalankan menyalurkan suatu impuls saraf untuk meninggalkan badan sel saraf menuju neuron atau mungkin juga jaringan yang lainnya, dan dalam neuron hanya terdapat satu akson saja.

B. Sel Glial

Sel ini berfungsi untuk memberikan nutrisi pada sel saraf, dengan begitu saraf pada manusia bisa berjalan dengan tanpa hambatan.

Terdapat beberapa nutrisi yang terdapat pada sel Glial diantaranya yaitu Oligodendrosit, Astrosit, Makroglia dan Microglia.

C. Sistem saraf pusat

Saraf pada manusia memiliki pusat yang bertugas memegang kendali dalam pengaturan kerja jaringan hingga disalurkan ke sel saraf yang lainnya. Terdapat 4 bagian dalam sistem saraf pusat, yaitu Otak Besar, Otak Kecil, Sumsum Lanjutan, Sumsum Tulang Belakang.

1) Otak besar

Tekstur Otak Besar itu, lunak, kenyal banyak lipatan dan juga berminyak. Otak besar ini dilindungi oleh cairan Serebrospinal supaya terhindar dari guncangan.

Dalam otak besar terdapat banyak sekali pembuluh darah yang bertugas menyediakan oksigen menuju otak besar.

2) Otak kecil

Otak kecil menempati ruangan di bagian belakang kepala dan sangat dekat dengan leher. Fungsi utama otak kecil yaitu mengkoordinasi gerakan otot secara sadar.

Jika akan terjadi sesuatu rangsangan yang berbahaya, otak kecillah yang mengkoordinasi supaya hal itu tidak terjadi secara sadar.

Otak ini sangat sensitif sehingga jika terjadi sesuatu maka semua gerakan akan terbengkalai, karena tidak ada koordinasi dari otak kecil yang disalurkan pada otot.

3) Sumsum lanjutan

Sumsum ini terdapat di bagian persambungan antara otak dengan tulang belakang. Fungsi dari sumsum ini adalah mengatur suhu tubuh.

Misalkan muntah, atau gerak reflek ketika batuk dan bersin. Sumsum tulang belakang juga memiliki tugas mengantarkan impuls menuju otak.

4) Sumsum tulang belakang

Medula Spinalis atau yang biasa disebut sumsum tulang belakang ini bertempat di dalam tulang belakang yang terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan luar dan lapisan dalam.

Sumsum ini dilindungi oleh tulang belakang yang sangat kuat serta memiliki 33 ruas yang bertugas sebagai pengatur gerak reflek.

Dari penjelasan di atas tentang saraf pada manusia, mulai dari pengertian, bagian-bagian hingga fungsinya, tentu dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan tentang saraf pada manusia yang terdapat pada tubuh.

Kita menggunakannya sehari-hari untuk melancarkan aktivitas kita. Dengan adanya saraf yang sehat dan kuat aktivitas kita akan berjalan dengan lancar, oleh sebab itu jangan lupa tetap berolah raga dengan rutin supaya kerja saraf kita menjadi lebih maksimal lagi.

Baca Juga : Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here