Home Tips Kesehatan Deretan Fakta Mengejutkan Tentang Keringat Yang Perlu Anda Tahu

Deretan Fakta Mengejutkan Tentang Keringat Yang Perlu Anda Tahu

332
0

Deretan Fakta Mengejutkan Tentang Keringat Yang Perlu Anda Tahu – Ragam fakta menarik tentang keringat untuk perlu disadari akan pentingnya berkeringat sekalipun hal ini sangat mengganggu aroma tubuh yang menjadi kurang sedap.

Deretan Fakta Mengejutkan Tentang Keringat Yang Perlu Anda Tahu

Berkeringat? Pastinya tidaklah. Inilah anggapan yang sering diasumsikan oleh mereka yang selalu ingin tampil perfect dan wangi.

Bagi mereka, keringat merupakan hal yang sangat memalukan hingga akhirnya berbagai cara mengatasi keringatpun dilakukan demi menghindarkan diri dari adanya aroma yang memang kurang sedap.

Namun, tahukah Anda ternyata ada berbagai fakta menarik tentang keringat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat awam.

Keringat muncul pada seseorang dengan kondisi tertentu, apakah itu setelah melakukan pekerjaan yang berat, sedang gugup ataupun berada di bawah terik matahari.

Masih berkaitan dengan fakta menarik tentang keringat, dikatakan bahwa kelenjar keringat ekrin yang akan sering ditemukan pada permukaan kulit lapisan dermis.

Selanjutnya, kelenjar ini akan memproduksi keringat yang dikeluarkan melalui seluruh permukaan tubuh.

Fakta tentang keringat yang perlu Anda ketahui

Sekalipun keringat itu sendiri dianggap sebagai hal yang sangat menyebalkan bagi semua orang karena aromanya yang kurang sedap, namun banyak orang yang beranggapan jika dengan mengeluarkan keringat melalui serangkaian aktivitas yang padat bisa dijadikan sebagai indicator atas tingkat kesehatan seseorang.

Benar tidaknya hal tersebut juga masih menjadi perdebatan bagi sebagian orang. untuk lebih jelasnya simak fakta menarik tentang keringat berikut ini.

1. Tingkat kebugaran seseorang mempengaruhi produksi keringat

Saat Anda baru saja melakukan aktivitas, maka keringat akan muncul sebagai respon untuk mendinginkan tubuh. Terkait dengan fakta menarik tentang keringat, menurut International Hyperhidrosis Society menyebutkan bahwa kecenderungan atlet akan berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan orang pada umumnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya penyesuaian yang dilakukan oleh keringat dalam menyesuaikan kondisi tubuh atlet tersebut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada sebuah Journal of Experimental Psychology mengungkapkan bahwa fakta menarik tentang keringat lainnya juga menyebutkan jika seseorang yang mengalami kondisi kurang sehat akan cenderung menghasilkan keringat yang lebih banyak.

Kondisi ini dilakukan demi menjaga tubuh agar tetap terasa dingin.

2. Pria cenderung memproduksi keringat lebih banyak dari wanita

Seperti yang diungkapkan oleh David Pariser, MD berkaitan dengan fakta menarik tentang keringat bahwa seorang pria akan mengalami keringat empat kali lipat lebih banyak dibandingkan wanita.

Pada dasarnya jumlah kelenjar keringat pria dan wanita adalah sama, namun kelenjar keringat pria memiliki ukuran lebih besar dibandingkan wanita sehingga membuat pria memproduksi keringat lebih banyak.

Tidak hanya itu saja, kaitannya dengan fakta menarik tentang keringat, seseorang yang memiliki tubuh besar akan berkeringat lebih banyak mengingat semakin besar permukaan tubuh yang memang harus didinginkan.

Bahkan, kondisi hormonalpun ternyata juga berpengaruh pada jumlah keringat yang dihasilkan juga. Tidak mengherankan jika dalam dalam kondisi sehatpun, baik pria ataupun wanita memiliki jumlah keringat yang berbeda.

3. Keringat sebagai pertanda stres

Siapa sangka jika keringat juga bisa mengungkapkan kondisi psikologis Anda saat ini. Disebutkan bahwa fakta menarik tentang keringat saat seseorang mengalami stress, maka dirinya akan mengeluarkan keringat.

Kondisi yang demikian ini akan menjadi pertanda jika Anda sedang mengirimkan ketegangan untuk orang yang berada di sekitar Anda. Saat Anda stress, maka kelenjar apokrin akan bekerja lebih dahulu untuk hasilkan keringat.

Fakta menarik tentang keringat tersebut sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh sosok Dr Pariser yang kemudian di dalam jurnal PLos One menyebutkan jika otak akan mengalami perubahan sistem kinerjanya ketika seseorang mencium aroma keringat.

Dengan kata lain, otak akan menjadi lebih waspada atas kondisi di lingkungan sekitarnya.

4. Keringat berlebih pertanda penyakit

Banyak anak yang sejak remaja mengalami yang namanya hiperhidrosis yang merupakan sebuah kondisi kelebihan keringat karena kinerja kelenjar keringat yang sangat aktif.

Disebutkan oleh Dr Karamanoukian terkait dengan fakta menarik tentang keringat, hampri 1-3% manusia di dunia ini mengalami kondisi tersebut yang sayangnya penyebab dari permasalahan itu belum diketahui hingga sekarang.

Masih berkaitan dengan fakta menarik tentang keringat, bahwa hiperhidrosis ternyata akan lebih sering ditemukan pada bagian tubuh seperti halnya ketiak, wajah, tangan dan juga kaki.

Pengeluaran keringat tersebut muncul tanpa adanya dipengaruhi oleh kondisi cuaca ataupun udara di sekitar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan sedot lemak, doedoran dan juga botox.

5. Sebagian besar keringat tidaklah berbau

Banyak orang yang akan menutup hidung ketika mencium aroma keringat yang menyengat. Namun, tahukah Anda jika tidak selamanya keringat akan menghaslkan aroma kurang sedap? Berkaitan dengan fakta menarik tentang keringat, dikatakan oleh Barbaea J.

Holtzclaw, Ph.D, R.N keringat yang tidak berbau berasal dari campuran elektrolit dan air. Namun, jika keringat berasal dari kelenjar apokrin, maka akan menimbulkan bau kurang sedap.

Selain itu, pemakaian kain sintetis akan membantu dalam mengikat panas pada tubuh sehingga penguapan tidak terjadi secara sempurna.

Dengan adanya kondisi tersebut, maka keringat yang dihasilka dari kelenjar apokirn akan cenderung kental, berminyak dan mengikat banyak bakteri sehingga tidak menimbulkan aroma kurang sedap.

Ada banyak sekali fakta menarik tentang keringat yang perlu Anda ketahui. Selain beberapa hal yang tersebut di atas, siapa sangka jika dengan tidak pernah berkeringat bisa menyebabkan adanya permasalahan tersendiri.

Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu berusaha berkeringat dengan melakukan aktivitas fisik sebagai bentuk menjaga kesehatan Anda.

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Sistem Kardiovaskuler Pada Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here