Home Tips Kesehatan Fakta Bersin Yang Mengejutkan Untuk Anda Ketahui

Fakta Bersin Yang Mengejutkan Untuk Anda Ketahui

248
0

Fakta Bersin Yang Mengejutkan Untuk Anda Ketahui – Ragam fakta tentang bersin memang sangat unik untuk diungkapkan mengingat hal ini sangat berkaitan dengan apa yang terjadi saat bersin itu sendiri.

Fakta Bersin Yang Mengejutkan Untuk Anda Ketahui

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya bersin. Sebuah mekanisme tubuh dimana seseorang berusaha mengeluarkan sesuatu seperti debu ataupun kotoran yang masuk melalui hidung ke organ pernafasan ini memang lumrah terjadi.

Sayangnya, hingga kini tidak semua orang menyadari fakta tentang bersin. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fakta bersin yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Katarak Sebabkan Kebutaan, Benarkah Demikian?

Fakta Tentang Bersin yang Belum di Ketahui

Sekalipun dianggap sebagai hal yang sangat umum terjadi, namun siapa sangka jika ada beberapa fakta tentang bersin yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak.

Berikut deretan fakta bersin yang bisa jadi belum Anda ketahui selama ini.

1. Sinar Matahari Menjadi Penyebab Bersin

Sebelumnya banyak orang yang mengalami bersin karena kondisi udara yang sangat dingin. Namun demikian, siapa sangka jika bersin bisa terjadi pada saat Anda sedang menatap matahari terlalu lama.

Kondisi yang demikian ini dikenal dengan sebutan istilah ACHOO (Autosmal Dominant Compulsive Helio-ophthalamic Outburst of Sneezing). Kaitannya dengan fakta tentang bersin, disebutkan bahwa kondisi semacam ini tidaklah berbahaya.

Hingga kini masih belum ada penelitian yang mencangkup adanya fakta tentang bersin dengan mengkaitkannya pada sinar matahari.

Sekalipun demikian, kondisi semacam ini bisa terjadi pada 10-35% populasi yang ada di dunia. Karena belum ada penelitian terkait, dugaan sementara penyebab ACHOO tersebut adalah sisa evolusi, kelainan syaraf parasimpatis ataupun adanya kondisi otak yang terlalu bergembira dibandingan dengan kebanyakan.

2. Seks Menjadi Pemicu Bersin

Banyak yang bertanya tentang pernyataan semacam ini. Namun, sebuah fakta tentang bersin kembali mencuat ketika banyak pihak yang berspekulasi jika seks bisa mengakibatkan seseorang kemudian bersin.

Kondisi semacam ini terjadi pada saat setelah melakukan hubungan seksual. Hingga kini belum banyak penelitian yang mengangkan permasalahan ini.

Sekalipun demikian, spekulasi terbesar menganggap hal ini disebabkan oleh adanya hubungan dengan sistem syaraf parasimpatis.

Fungsi dari sistem syaraf ini adalah mengatur denyut jantung, sistem pencernaan hingga seluruh cairan tubuh yang erat kaitannya dengan hubungan seksual. Fakta tentang bersin yang demikian inilah hingga kini masih menyisakan misteri.

3. Bersin Memiliki Kecepatan yang Sangat Menakjubkan

Di tahun 1950-an, seorang ahli Biologi yang berasal dari Universitas Harvard, William Firth Wells melakukan suatu penelitian kaitannya dengan kecepatan bersin seseorang.

Dari penelitian tersebut, sebuah fakta tentang bersin disebutakn jika kecepatan bersin bisa mencapai 100 meter per detik. Sayangnya, perkiraan tersebut dianggap berlebihan namun demikian percobaan serupa menghasilkan hasil yang sama.

Selanjutnya, beberapa penelitian lainnyapun kembali bermunculan hingga memunculkan berbagai fakta tentang bersin yang salah satunya tentang kecepatan dari bersin itu sendiri.

Penelitian serupa yang dilakukan oleh peneliti berkebangsaan Singapura mengungkapkan jika kecepatan bersin mencapai 10mph. Sedangkan penelitian serupa yang dilakukan oleh Adam Savage dan MythBusters Jamie Hyneman mengungkapkan jika kecepatan bersin mencapai 35mph.

4. Kemungkinan Bersin Saat Tidur Sangatlah Kecil

Tidak bisa dipungkiri lagi jika fakta tentang bersin menyebutkan bahwa seseorang tidak akan mengalami bersin pada saat sedang tidur.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembesaran membrane mukosa yang menjadikannya lebih sensitive sehingga debu yang masuk ke dalam akan keluar dengan sendirinya dari lubang hidung.

Namun demikian, terkait fakta tentang bersin, pada kondisi terlelap semua otot akan mengalami relaksasi kecuali otot mata akan lumpuh sementara.

Tentu saja otot tersebut mencangkup otot yang mengatur terjadikan bersin. Sekalipun demikian, mekanisme bersin dalam tidur bisa terjadi namun hal ini sangat kecil sekali terjadi. Hanya mereka yang tidur tidak nyenyaklah yang kemudian mengalami kejadian bersin.

5. Saat Bersin Anda Tidak Bisa Membuka Mata

Untuk fakta tentang bersin yang selanjutnya terkait dengan ketidakmampuan mata untuk terbuka pada saat bersin. Kondisi semacam ini memang umum terjadi karena refleks yang diberikan oleh tubuh.

Jika diamati, banyak orang yang bersin sembari menutup mata dan kejadian semacam ini sangat erat kaitannya dengan syaraf pada mata.

6. Jantung Berhenti Berdetak dalam Waktu Singkat

Kaitannya dengan fakta tentang bersin, disebutkan bahwa sebelum Anda mengalami bersin, nantinya Anda akan merasakan ada sesuatu yang menggelitik pada lubang hidung, kemudian Anda akan menarik nafas panjang dan menahannya saat akan bersin.

Kondisi semacam ini akan menyebabkan otot dada mengalami penegangan dan peningkatan tekanan pada otot paru-paru. Selanjutnya, hal ini menjadikan terbendungnya aliran darah yang menuju ke jantung.

Pada saat tekanan darah mengalami penurunan sementara, detak jantung akan mengalami kondisi peningkatan sementara pula.

Kemudian di saat semua udara yang tertahan dalam tubuh dihembuskan ke luar, maka tekanan darah akan kembali seperti semula dan detak jantung akan mengalami penurunan secara singkat layaknya berhenti sementra selama sedetik.

Fakta Bersin Yang Mengejutkan Untuk Anda Ketahui

Selain beberapa fakta tentang bersin yang tersebut di atas, disebutkan bahwa pada saat sedang bersin, maka seseorang akan menutup mulutnya untuk menghindari adanya persebaran kuman penyakit yang keluar dalam partikel air dari mulut.

Dengan mengetahui segelintir fakta bersin tersebut, untuk nantinya akan menjadikan koreksi tersendiri dalam menyikapi diri pada saat sedang bersin.

Baca Juga : Jenis Darah yang Ada pada Manusia Berdasarkan Golongannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here