Home Tips Kesehatan Efek Kopi yang Perlu Diketahui

Efek Kopi yang Perlu Diketahui

79
0

Efek Kopi yang Perlu Diketahui – Mengonsumsi kopi setiap hari seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Namun minuman yang populer di dunia ini juga memiliki efek bagi tubuh.

Efek Kopi yang Perlu Diketahui

Sepertinya jarang orang dewasa di Indonesia yang tidak menyukai kopi. Nyatanya kedai kopi cukup menjamur di semua daerah di Indonesia, mulai dai kelas warung kopi sampai kelas kafe elit dengan beragam jenis menu sajian kopi.

Sebagai salah satu minuman populer di seluruh dunia, kafein yang terkandung dalam kopi ternyata mempunyai efek tertentu bagi penikmatnya, baik efek positif maupun efek negatif. Apa saja efek kopi?

Baca Juga : Menggunakan Mouth Wash Membuat Kita Lebih Pede

Efek Positif Kopi bagi Kesehatan

Mengonsumsi kopi tak ada salahnya asal sesuai dengan takaran wajar. Berikut ini beberapa efek positif kopi yang bisa didapatkan antara lain:

1. Mengurangi risiko serangan penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh jurnal Alzheimer menyebutkan bahwa zat kafein yang terdapat dalam kopi mempunyai manfaat baik yakni memberikan perlindungan pada organ otak.

Bagaiman cara kerjanya? Yakni dengan merangsang peningkatan kemampuan saraf pusat lalu meminimalkan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia.

2. Mengurangi risiko serangan penyakit Parkinson.

Hal ini dikarenakan zat kafein dalam kopi apabila dikonsumsi secara tepat, mampu meningkatkan kemampuan saraf pada jaringan otak.

3. Penambah energy.

Kopi dipercaya dan terbukti dapat memberikan kesegaran pada tubuh yang merasa lelah dikarenakan rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengonsumsi kopi dengan tujuan menambah energi supaya tetap sanggup melanjutkan aktivitas hingga selesai.

4. Membantu mempertajam ingatan jangka pendek.

Kafein dalam kopi dapat menstimulasi agar lebih fokus dan membantu agar lebih tajam saat menangkap informasi yang didapatkan. Dengan demikian, mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat mampu meningkatkan kinerja organ otak.

5. Meredakan rasa sakit kepala.

Banyak obat kimia untuk sakit kepala mengandung kafein.

6. Diuretic.

Buang seni lebih sering atau diuretic menjadi hal yang bagus bagi tubuh untuk membantu membuang zat-zat sampah tubuh. Namun akan menjadi tidak baik bagi para penderita penyakit ginjal.

7. Menurunkan risiko serangan diabetes dan kolesterol.

Bagi Anda yang normal atau belum terserang penyakit diabetes, zat kromium dalam kopi sangat baik bagi tubuh sebagai pengendali kadar gula di dalam aliran darah.

Selain itu, kromium dan magnesium juga dapat menurunkan penumpukan kolesterol buruk di dalam aliran darah. Namun hal tersebut hanya berlaku apabila mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula dan dikonsumsi rutin dalam jumlah yang tepat yakni 1 cangkir setiap hari.

Efek Kopi yang Perlu Diketahui

Efek negatif konsumsi kopi berlebih

Segala hal yang berlebih tidaklah baik, khususnya kopi. Selain banyak manfaat positif, berikut ini juga beberapa efek negatif dari konsumsi kopi berlebih:

  • Kerusakan Gigi.
    Apabila kopi dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi menguning dan karang gigi.
  • Terjadi Inkontinensia.
    Pada sebagian orang, zat kafein dalam kopi dapat menyebabkan inkontinensia (ketidakmampuan mengontrol BAK). Hal ini terutama terjadi pada sebagian wanita.
  • Insomnia
    Zat kafein dalam kopi bisa menyebabkan insomnia.
  • Mengganggu sistem pencernaan
    Pada sebagian orang kopi dapat mengganggu sistem percernaan khususnya pada organ lambung.
  • Sakit kepala
    Zat kafein dalam kopi memang dapat meredakan sakit kepala. Namun apabila dikonsumsi berlebihan, maka kafein dalam kopi justru bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang.
  • Tidak sehat dikonsumsi oleh penderita diabetes
    Berdasarkan studi yang dilakukan Asosiasi Diabetes Amerika dinyatakan bahwa zat kafein kurang sehat bagi para pengidap diabetes terutama tipe 2, sebab dapat merusak metabolisme zat glukosa para penderita penyakit diabetes terutama tipe 2.

Efek Kopi Bagi Wanita

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan kopi diatas, ternyata kopi juga memiliki dampak untuk wanita. Apabila melihat berdasarkan jenis kelamin, minum kopi dalam jumlah berlebihan setiap hari dapat berdampak buruk bagi wanita.

Hal ini benar dan berikut penjelasan singkat mengenai efek kopi bagi wanita :

1. Osteoporosis

Wanita merupakan golongan terbesar penderita osteoporosis, dan biasanya tulang yang akan terganggu yakni tulang punggung, pinggang, pergelangan tangan dan kaki. Konsumsi kafein berlebihan akan menyebabkan tergerusnya kalsium dalam tulang sehingga tulang menjadi keropos.

Kafein juga menurunkan penyerapan zat kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Menurut NOF (National Osteoporosis Foundation) dijelaskan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi berlebihan yakni lebih dari 2 cangkir setiap hari, maka lebih berisiko terhadap terjadinya pengeroposan tulang.

2. Gangguan psikologi berupa panik dan cemas.

Terlalu banyak mengonsumsi kopi berisiko pula terhadap penurunkan fokus bahkan memicu terjadinya gangguan psikologis. Lebih lanjut, zat kafein yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan kepanikan dan kecemas pada wanita. Meningkatnya denyut nadi akan memengaruhi rasa cemas dan panik pada wanita.

3. Gangguan kesuburan.

Wanita yang mengonsumsi lebih dari 1 cangkir setiap harinya, lebih berisiko mengalami gangguan endometriosis dan tuba fallopi. Endometriosis merupakan penyakit yang mana terdapat jaringan tumbuh di lapisan bagian dalam area dinding rahim.

Kondisi tersebut berpotensi memengaruhi kesuburan wanita. Konsumsi kafein secara berlebihan kerap kali dikaitkan pula dengan risiko gangguan pembuahan pada wanita.

4. Keguguran.

Wanita hamil yang mengonsumsi kopi lebih dari 1 cangkir per hari akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran bahkan hingga 2 kali lipat disbanding wanita hamil yang sama sekali tidak mengonsumsi kopi.

Demikian uraian singkat mengenai berbagai efek kopi. Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Namun apabila mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, justru menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan. Cukup mengonsumsi kopi paling banyak 2 cangkir setiap hari.

Bagi wanita cukup mengonsumsi kopi 1 cangkir setiap harinya. Sedangkan wanita hamil sebaiknya menghentikan konsumsi kopi.

Baca Juga : Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here