Home Tips Kesehatan Diet Sehat Menjadikan Tubuh Ideal dan Tetap Bugar

Diet Sehat Menjadikan Tubuh Ideal dan Tetap Bugar

106
0

Diet Sehat Menjadikan Tubuh Ideal dan Tetap Bugar – Ada banyak cara diet, mulai dari yang sehat hingga yang ekstrim. Namun apabila menginginkan tubuh ideal dan tetap bugar, maka lakukan diet sehat.

Diet Sehat Menjadikan Tubuh Ideal dan Tetap Bugar

Siapapun pasti mau mempunyai tubuh ideal sekaligus bugar. Termasuk Anda, kan? Agar hal itu bisa terwujud, ada beberapa hal yang harus diterapkan dan salah satunya yakni diet sehat.

Cara Diet Sehat terbukti bermanfaat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, efektif menurunkan risiko serangan penyakit berbahaya seperti Jantung, Diabetes maupun Stroke, menurunkan dan menyeimbangkan berat badan, serta menjadikan tubuh tetap bugar saat beraktivitas.

Mengenal Tentang Diet Sehat

Prinsip cara Diet Sehat adalah penerapan konsumsi yang polanya terdiri dari perpaduan makanan berkomposisi beragam dan seimbang. Makanan yang menjadi sumber karbohidrat, lemak baik, protein, vitamin, serat, dan mineral.

Berdasarkan BDA (British Dietetic Association) pola konsumsi diet sehat ialah karbohidrat sekitar 45% – 65%, lemak 25%-35%, dan protein 10%-20%.

Karbohidrat dalam cara diet sehat merupakan karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat yang tinggi kandungan serat sehingga menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Contoh karbohidrat kompleks diantaranya oat, serealia, gandum utuh dan sebagainya. Saat metabolisme melambat, tubuh akan kesulitan mengeluarkan zat gula dalam aliran darah menuju sel-sel untuk menghasilkan energi.

Apabila mengonsumsi makanan dengan karbohidrat biasa justru akan semakin menambah kadar insulin.

Protein yang dikonsumsi saat menjalani cara diet sehat ialah lean protein dan protein nabati, seperti polong-polongan, daging non lemak, segala makanan berbahan baku kedelai, putih telur, ikan dan sebagainya.

Tubuh sepanjang hari mengalami proses untuk pergantian protein. Dengan demikian, berarti tubuh melakukan penghancuran saraf otot sendiri. Oleh karena itu, Protein dengan kandungan asam amino sangat dibutuhkan bagi otot berguna menetralkan proses penghancuran tersebut.

Sedangkan dalam mengkonsumsi lemak, bukan sama sekali dihilangkan. Namun konsumsi lemak jenuh digantikan dengan lemak tak jenuh.

Bagaimana dengan kelompok makanan lainnya, seperti makanan tinggi garam dan tinggi gula? Makanan tinggi garam dan tinggi gula sebaiknya dihindari, setidaknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit dengan intensitas jarang.

Diet minuman bersoda dan gula, perlu diterapkan dalam cara diet sehat karena soda dan gula dapat berefek buruk terhadap tubuh.

Berdasarkan berbagai studi penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat menstimulasi metabolisme serta hormonal yang sama sebagaiman gula biasa. yang kemudian hal itu bisa memicu terjadinya gangguan metabolisme.

Makanan serta minuman tinggi garam dan tinggi gula dapat diubah jadi lemak dalam tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Selain meningkatkan bobot tubuh dan menjadikan tubuh tidak bugar, mengkonsumsi minuman dan makanan tersebut juga meningkatkan risiko serangan penyakit berbahaya.

Makanan yang harus di hindari saat melakukan Diet Sehat

Contoh makanan yang perlu dihindari diantaranya biskuit, susu berperasa manis, keripik, mie instan, es krim, minuman berpemanis termasuk minuman beralkohol.

Tak cukup sampai di situ, waspadai pula pestisida dan zat kimia yang berpengaruh bagi kesehatan. Zat yang berfungsi sebagai pembasmi hama, apabila masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan, maka dapat menggangu Endrokin. Sebab sistem Endokrin merupakan pengendali Metabolisme.

Makanan maupun minuman dengan paparan beberapa zat kimia tertentu dapat pula menjadi peningkat nafsu makan, bahkan menstimulasi produksi sel lemak serta mengakibatkan metabolisme jadi melambat.

Oleh karena itulah, penting sekali untuk mencuci bersih setiap sayuran dan buah yang akan dikonsumsi.

Cara Melakukan Pola Diet Sehat

Tubuh langsing, bugar dan sehat bukanlah sesuatu yang datang tiba-tiba dan tidak diusahakan. Salah satu penunjang pola diet sehat dengan makan makanan sehat. Lantas bagaimana pola makan untuk diet sehat?

1. Makanan Serupa Tiap Hari

Para ahli kebanyakan menyarankan makan makanan serupa tiap hari. Makanan serupa bukan berarti harus makanan sama saat sarapan, makan siang maupun makan malam.

Tetapi sebagai contoh, apabila sarapan saat hari ini telur, besok roti, selanjutnya lusa gandum. Kemudian hari-hari berikutnya usahakan memakan 3 menu sehat itu lagi.

Penerapan seperti ini juga berlaku pada cemilan. Dengan makan makanan yang serupa tiap hari, tubuh dapat menyesuaikannya.

2. Sarapan

Sebagian orang melewatkan sarapan dengan alasan ingin menurunkan bobot tubuh. Padahal dengan sarapan justru merupakan salah satu cara diet sehat.

Para peneliti justru menyatakan bahwa tidak sarapan justru cenderung akan membuat seseorang tidak bugar saat beraktivitas dan akan mengonsumsi makan siang dalam jumlah yang lebih banyak.

3. Cukup Mengonsumsi Air Putih

Cukup mengonsumsi air putih menjadi elemen vital dalam cara diet sehat dan akan menjaga tubuh supaya tetap sehat. Orang dewasa sebaiknya minum paling sedikit 8 gelas setiap hari.

Hindari minuman bersoda dan beralkohol karena memberi efek buruk bagi tubuh.

4. Makan Buah Terlebih Dahulu

Kebanyakan masyarakat Indonesia, menganggap buah sebagai pencuci mulut dan memakan buah setelah memakan makanan utama. Padahal hal itu kesalahan.

Untuk mengonsumsi buah dalam cara diet sehat adalah sebelum makan makanan utama, konsumsi buah setidaknya setengah jam sebelumnya.

Apabila buah dimakan bersama makanan utama, maka tubuh tak dapat maksimal melakukan penyerapan vitamin dan serat yang terkandung dalam buah.

Jika Anda melakukan diet dalam rangka melangsingkan tubuh, maka perlu strategi agar kinerja tubuh tidak menurun. Apabila Anda langsung memangkas konsumsi nutrisi yang penting maka aka memicu terjadinya gangguan metabolism tubuh, hingga berdampak Anda mudah lelah serta lemas.

Mengurangi konsumsi kalori tidak berarti Anda makan sembarangan karena jumlah nutrisi yang dikonsumsi tetap harus mencukupi selama melakukan diet agar tidak mengganggu metabolisme tubuh.

Artikel kami di atas adalah tips kesehatan tentang Diet Sehat Menjadikan Tubuh Ideal dan Tetap Bugar, semoga artikel kami dapat membantu anda dalam menjaga kebugaran tubuh anda.

Baca Juga : Kenali 6 Kelainan Kuku Sebagai Pertanda Kondisi Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here