Home Tips Kesehatan Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

216
0

Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut – Bakteri di mulut bisa menyebabkan banyak masalah mulut. Beberapa diantaranya adalah sariawan, bau mulut, dan sakit gigi. Untuk itu, simak cara mengatasinya pada penjelasan berikut!

Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

Jangan berbangga terlalu berlebihan saat kita sudah rutin berkumur ataupun menggosok gigi. Bukan berarti mulut kita sudah bersih sepenuhnya, karena masih ada jutaan bakteri di mulut yang bersarang dan bebas mengikis rasa kepercayaan diri kita karena mulut yang berbau.

Selain itu, bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulut.

Kalau berbicara penyakit di mulut, maka kita akan mengabaikannya karena tidak begitu penting. Padahal banyak penyakit yang berawal dari mulut. Bagaimana tidak, semua makanan yang kita konsumsi melewati mulut sebagai jalan pertamanya.

Mulut akan menjadi tester bagi semua jenis makanan yang kita makan. Mulutlah yang akan merasakan pertama kali akan rasa makanan itu. Bahkan ada yang langsung bereaksi di dalam mulut, seperti sariawan, gatal, dan rasa yang tidak nyaman.

Itulah yang menjadi cikal bakal ditemukannya jutaan bakteri di mulut. Kita memang tidak bisa melihatnya, namun sangat masuk akal jika bakteri juga bersarang di mulut kita karena banyaknya jenis makanan yang kita makan.

Menurut kita makanan yang kita makan itu bersih, namun sebenarnya tingkatan higienis tidak bisa dijamin karena bisa saja ada bakteri yang masih menempel di makanan. Apalagi kalau makanan yang kita makan adalah makanan dalam bentuk makanan instan.

Kita tidak tahu menahu bagaimana memasaknya. Pengemasannya pun kita tidak tahu di mana tempatnya. Walaupun pengemasan di dalam pabrik yang steril, tetap saja bakteri tidak bisa dicegah.

Selain itu, timbulnya bakteri yang ada di dalam mulut juga disebabkan oleh sisa makanan yang masih mengendap di dalam mulut. Kebanyakan akan mengendap di sela-sela gigi.

Inilah yang memicu munculnya bakteri yang berbahaya bagi mulut. Jadi bakteri di mulut tidak hanya dibawa oleh makanan, tetapi juga diciptakan oleh sisa makanan yang ada di dalam mulut.

Enzim yang ada di mulut pun bisa jadi menciptakan bakteri baru di dalam mulut karena pengaruh makanan yang masuk. Bakteri yang ada di mulut juga akan sangat riskan saat masih anak-anak, karena yang dimasukkan ke dalam mulut bukan hanya makanan saja, melainkan berbagai benda asing.

Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

Apalagi kalau masih balita, maka sudah pasti akan memasukkan benda-benda di sekelilingnya ke dalam mulut.

Baca Juga : Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Membersihkan Bakteri di Mulut

Bakteri di mulut bisa menyebabkan banyak masalah mulut. Akibatnya pada kepercayaan diri juga, karena salah satu akibatnya adalah membuat napas berbau.

Bau mulut akan sangat mengganggu aktivitas kita. Interaksi dengan lingkungan sosial akan sangat terganggu, karena kita malu untuk berkomunikasi.

Selain bau mulut, bakteri di mulut juga bisa menyebabkan sakit gigi dan juga sariawan. Ini adalah penyakit yang sering kita derita namun kita menganggapnya remeh.

Padahal itu adalah cikal bakal penyakit yang serius. Agar kita tetap sehat dan percaya diri, maka ada tips penting untuk membersihkan bakteri di mulut:

1. Menjaga Kebersihan Gusi

Ini bisa dilakukan dengan berkumur setelah gosok gigi. Penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride sangat disarankan, karena fluoride ini selain bisa membersihkan gigi, juga bisa membersihkan gusi.

2. Menjaga Kebersihan Gigi

Fungsi gigi yang digunakan untuk mengunyah ini sangatlah riskan menambah jumlah bakteri di mulut. Makanan yang secara fisik masuk ke mulut sebagai makanan yang bersih, belum tentu saat dikunyah tidak ada bakteri di dalamnya.

Bakteri ini akan menempel di gigi. Selain itu, sisa makanan yang dikunyah pun menjadi cikal bakal timbulnya bakteri. Potensi sisa-sisa makanan ini membentuk ribuan bakteri yang kapan saja bisa merugikan kesehatan mulut.

Cara menjaga kebersihan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Biasanya sehari adalah dua kali, pagi dan sore hari. Namun akan lebih baik jika sebelum tidur dan setelah makan kita menggosok gigi.

3. Berkumur

Ini adalah tips membasmi bakteri di mulut yang menjadi kewajiban kita saat melakukan wudhu. Berkumur dengan air bisa membuang sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Selain itu, berkumur juga bisa dilakukan dengan menggunakan cairan khusus, yakini obat kumur. Sangat efektif dilakukan setelah menggosok gigi.

4. Membersihkan Lidah

Lidah juga menjadi tempat yang sangat riskan dengan koloni bakteri di mulut. Untuk itulah gunakan kerokan lidah untuk membersihkan lidah. Rajin-rajinlah menggunakan kerokan lidah maka kebersihan lidah akan terjaga. Jadi, jangan hanya menggosok gigi saja.

5. Banyak Minum Air Putih

Penuhi kebutuhan air putih untuk tubuh setiap hari dengan 8 gelas air putih. Air putih memiliki manfaat untuk membersihkan lidah, sehingga lidah tidak akan terinfeksi bakteri di mulut.

Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

Adanya bakteri di mulut bukan hanya isapan jempol semata. Bisa dibuktikan dengan menggunakan mikroskop jika mulut yang bersih, bahkan baru saja berkumur, akan penuh dengan bakteri.

Maka dari itulah bisa kita bayangkan saat tidak rajin membersihkan mulut, maka akan semakin banyak bakteri yang ada di dalam mulut.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here