Home Tips Kesehatan Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami

310
0

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami – Ada berbagai cara mencegah kanker mulut yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi kanker mulut dan salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat.

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami

Permasalahan kanker mulut memang menjadi suatu perbincangan tersendiri bagi mereka yang tidak menjalankan hidup sehat.

Sekalipun hingga kini kanker mulut belum diketahui penyebabnya, namun beberapa ahli medis mengungkapkan jika kanker mulut bisa berawal dari pola hidup tidak sehat karena merokok, oral seks dan tidak menjaga kesehatan mulut.

Dengan beragam akibat yang menyertainya, maka penting untuk mengetahui cara mencegah kanker mulut.

Secara umum, kanker mulut ini sangat jarang terjadi dengan persentaseny hanya sebesar 2% saja. Sekalipun demikian, Anda juga harus tetap waspada dengan mengetahui cara mencegah kanker mulut.

Pasalnya, peluang terbesar mereka yang mengalami kanker mulut ini adalah mereka yang sudah memasuki usia senja atau sekitar usia 50-75 tahun.

Baca Juga : Beragam Manfaat Teh Leci yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Solusi cara Mencegah Kanker Mulut yang Jitu

Bagi Anda yang hingga kini memiliki kebiasaan buruk dalam menjalankan pola hidup, untuk diketahui bahwa penting bagi Anda kemudian untuk mengindari berbagai penyebab utama kanker mulut.

Untuk lebih jauh, berikut beberapa cara mencegah kanker mulut yang bisa Anda lakukan sesuai dengan yang dilansir dari Best Health.

1. Lakukan Sikat Gigi dan Flossing Secara Teratur

Untuk cara mencegah kanker mulut yang pertama adalah dengan membiasakan diri menyikat gigi secara teratur dan juga melakukan Flossing atau pembersihan gigi dengan menggunakan benang khusus.

Cara ini tentunya dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut . Ketika kondisi mulut tidak sehat, maka hal ini akan berpotensi pada penurunan sistem imunitas tubuh yang menyebabkan adanya gejala kanker mulut.

2. Hindari Kebiasaan Merokok atau Menggunakan Ragam Produk Tembakau

Apakah Anda saat ini adalah perokok aktif? Sebaiknya kurangi kebiasaan merokok Anda sebagai bentuk cara mencegah kanker mulut. Tindakan merokok akan menyebabkan akumulasi nikotin yang kemudian akan menyebabkan kanker mulut dan permasalahan lainnya.

Kanker mulut ini terjadi karena kondisi mulut yang asam sehingga akan menyababkan tumbuhnya penyakit kanker mulut itu sendiri.

3. Jauhi Kebiasaan Mengkosumsi Alcohol

Untuk cara mencegah kanker mulut selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi Alcohol dalam jumlah besar. Selain bisa merusak sistem pencernaan, pengkonsumsian alcohol akan bisa merujuk pada gangguan kesehatan seperti kanker mulut.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi alcohol memiliki peluang 3 kali lebih besar terkena kanker mulut dibandingkan mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya.

4. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Jika Anda sering kali terpapar oleh sinar matahari, maka peluang mengalami kanker mulut sangat besar. Sebagai bentuk cara mencegah kanker mulut, Anda bisa mengoleskan lips balm pada bagian bibir Anda sehingga nantinya tidak akan menyababkan adanya resiko kanker kulit dalam jangka panjang.Paparan sinar UV secara berlebih bisa menyebabkan gangguan kesehatan tersebut.

5. Tingkatkan Aktivitas Fisik Secara Bertahap

Untuk cara mencegah kanker mulut yang lainnya juga bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur.

Selain membuat Anda menjadi lebih bugar dan sehat, kegiatan olahraga ini juga akan mengurangi resiko atas kanker mulut yang bisa saja menyerang Anda di masa yang akan datang. Dengan intensitas olahraga yang tinggi, maka hal ini juga meningkatkan daya tahan tubuh juga.

6. Mengkonsumsi Makanan Anti Kanker

Pola hidup yang sehat juga berasal dari pola makan yang teratur dan menu makanan sehat di dalamnya. Dalam cara mencegah kanker mulut, Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, kacang-kacangan, sayuran, biji rami, teh hijau, anggur dan juga makanan lain termasuk di dalamnya tomat.

Ragam makanan yang tersebut di atas bisa dimasukkan dalam menu andalan keluarga untuk menjadikan tubuh lebih sehat.

7. Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Teratur

Untuk cara mencegah kanker mulut yang jitu adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Cara ini diklaim sangat jitu karena Anda akan meminta pihak dokter untuk melakukan screening kanker mulut demi mendeteksi adanya gejala kanker di awal. Dengan demikian, tindakan pengobatan akan lebih mudah dilakukan demi mendapatkan kesembuhan.

8. Kurangi Pengkonsumsian Makanan yang di Olah Secara di Goreng

Makanan yang digoreng akan bercampur dengan minyak yang menyebabkan makanan tersebut menjadi kurang sehat. Dalam jangka panjang, mengkonsumsi makanan berminyak akan menyebabkan kanker mulut.

Sebagai solusi, cara mencegah kanker mulut bisa dilakukan dengan mengolah makanan melalui cara merebus ataupun mengkukus. Dengan cara ini, Anda tidak akan lagi mengalami permasalahan kanker mulut.

Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami

Permasalahan kanker mulut disebabkan oleh adanya bakteri ataupun virus seperti halnya Human Papillovirus yang menular melalui oral sex. Untuk menghindari hal tersebut, selain tidak melakukan aktivitas tersebut, Anda juga bisa menerapkan cara mencegah kanker mulut yang tersebut di atas.

Selain itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika kemudian ditemukan berbagai gejala yang mengarah pada kanker mulut ke pihak medis.

Baca Juga : Kenali Manfaat Apel dan Delima untuk Kulit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here