Home Tips Kesehatan Begini Ternyata Cara Membersihkan Gigi dengan Benar

Begini Ternyata Cara Membersihkan Gigi dengan Benar

286
0

Begini Ternyata Cara Membersihkan Gigi dengan Benar – Cara membersihkan gigi ternyata ada tahapan dan juga langkahnya agar gigi benar-benar bersih. Dan berikut merupakan ulasan lengkapnya bagi Anda.

Begini Ternyata Cara Membersihkan Gigi dengan Benar

Membersihkan gigi seperti rutinitas menyikat gigi pada pagi dan sore hari menjadi hal sepele yang banyak diremehkan. Padahal, membersihkan gigi merupakan cara terbaik untuk menghindari penyakit pada gigi ataupun mulut Kita.

Lalu bagaimana sebenarnya cara membersihkan gigi dengan benar? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

Tahapan Cara Membersihkan Gigi dengan Benar

Cara membersihkan gigi dengan benar ternyata ada tahapannya yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Hal ini dikarenakan membersihkan gigi tidak bisa dilakukan dengan asal dan sembarangan. Karena itu akan menyebabkan masih bersarangnya kotoran ataupun kuman yang ada di dalam mulut Anda.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam tahapan cara membersihkan gigi dengan benar. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah :

1. Siapkan pasta gigi dan sikat gigi yang baik

Pilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride yang bisa membersihkan gigi dengan maksimal. Selain itu, pilih sikat gigi yang memang cocok dengan karakteristik gigi dan juga mulut Anda.

2. Bersihkan lidah dahulu

Sebelum menyikat gigi, sebaiknya bersihkan lidah Anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Bakteri Anaerob yang bisa menyebabkan bau mulut dan pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit pada mulut Anda.

Anda bisa membersihkan lidah Anda dengan sikat gigi dan pasta gigi secara perlahan dan menyeluruh.

3. Posisikan sikat gigi dengan benar

Cara membersihkan gigi dengan benar bisa Anda awali dengan memposisikan sikat gigi Anda dengan pas dan dengan benar.

Posisi yang benar sikat gigi Anda di tepi gusi dan gigi Anda adalah dengan membentuk sudut 45 derajat. Kemudian setelah itu Anda bisa mulai menyikat gigi Anda dari gigi graham atas atau pada gigi belakang Anda.

Sikat gigi Anda dengan gerakan seperti melingkar dari atas ke bawah selama kurang lebih 20 detik untuk setiap bagian gigi pada mulut Anda.

4. Sikat secara menyeluruh

Sikat secara menyeluruh setiap bagian gigi Anda mulai dari bagian gigi yang Anda pakai untuk nengunyah hingga pada bagian gigi yang berada dekat dengan pipi dan juga lidah.

Tetap lakukan gerakan melingkar dari atas ke bawah dan pastikan tidak ada yang terlewat.

5. Pegang Sikat Gigi secara vertikal

Cara membersihkan gigi dengan benar selanjutnya adalah digunakan untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan Anda.

Dan untuk membersihkan bagian gigi tersebut Anda perlu memegang sikat gigi dengan posisi vertikal ataupun dengan menggunakan ujung kepala sikat gigi Anda.

6. Pastikan Bagian terdalam Gigi juga Disikat dengan Bersih

Bagian paling dalam dari gigi Anda atau yang bisa disebut sebagai gigi geraham paling belakang menjadi bagian gigi yang seringkali terlewat setiap Anda menyikat gigi.

Hal ini dikarenakan posisina yang jauh di dalam mulut, jadi pastikan sikat gigi Anda menjangkau hingga bagian gigi geraham tersebut.

7. Bila Perlu Gunakan Mouthwash

Untuk memastikan mulut Anda sudah benar-benar bersih, cara membersihkan gigi dengan benar bisa Anda lakukan dengan menggunakan Mouthwash untuk berkumur-kumur.

Hal ini akan membersihkan kuman yang tersisa di dalam mulut Anda dan juga gigi Anda.

Cara Memastikan Gigi Benar-benar Bersih setelah Disikat

Seringkali walaupun telah menggunakan cara membersihkan gigi dengan benar, dan juga menggunakan obat kumur atau mouthwash, masih ada rasa tidak puas yang ada dalam diri Anda dan ingin memastikan bahwa gigi Anda telah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran dan juga kuman.

Untuk memastikan bahwa gigi Anda telah benar-benar bersih, Anda bisa meraba permukaan gigi Anda dengan menggunakan lidah Anda. Hal ini dikarenakan permukaan gigi bisa menjadi indikator apakah gigi Anda telah bersih atau belum.

Jika permukaan gigi Anda sudah halus ketika diraba lidah Anda, maka bisa dipastikan bahwa gigi Anda sudah bersih ketika Anda menyikatnya tadi.

Akan tetapi, jika permukaan gigi Anda masih kasar, maka dapat dipastikan bahwa masih ada sisa kotoran ataupun plak yang tertinggal di dalam mulut Anda.

Jika masih ada sisa kotoran ataupun plak yang menempel di gigi Anda, tandanya Anda harus kembali menyikat gigi Anda lagi. Hal ini untuk memastikan bahwa gigi Anda benar-benar bersih dari sisa kotoran dan juga plak.

Selain dengan meraba gigi, Anda juga bisa memastikan gigi Anda benar-benar bersih dengan indikator bau mulut Anda.

Bau mulut bisa menjadi indikator bersih atau tidaknya mulut dan juga gigi Anda. Coba hirup bau mulut Anda sendiri, jika bau yang dikeluarkan adalah bau yang segar maka Anda bisa merasa lega karena berarti mulut dan juga gigi Anda sudah bersih dari sisa kotoran makanan yang baru Anda makanan.

Jika bau yang dikeluarkan kurang sedap atau tidak segar, maka Anda bisa mengulangi sikat gigi Anda atau menggunakan mouthwash sebagai penyegar dan pembersih terakhir dari mulut Anda.

Baca Juga : Kenali Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here