Home Tips Kesehatan Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia

468
0

Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia – Lupus merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh. Meskipun tak menular penyakit ini juga sangat berbahaya lho jika tidak ditangani sejak dini. Berikut pembahasannya.

Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia

Anda pasti sudah pernah mendengar kata Lupus bukan? Lupus merupakan salah satu penyakit yang sudah familiar di kalangan masyarakat, akan tetapi tak banyak juga orang yang tahu apa sebenarnya penyakit lupus tersebut.

Penyakit ini mendapat julukan “Si Peniru Ulung” dan “Penyakit Seribu Wajah” oleh para ahli medis. Meskipun banyak masyarakat yang belum terlalu mengerti dengan penyakit ini tetapi bahaya penyakit lupus cukup besar lho.

Dalam setiap tubuh manusia pasti dilengkapi dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh guna melawan berbagai penyakit baik virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Tapi bagi orang yang mengidap penyakit ini sistem imun yang mereka milik bukan lagi bekerja untuk melindungi tubuh dari penyakit, tetapi malah menyerang dan membunuh jaringan tubuhnya.

Bahaya penyakit lupus memang sangat serius karena menyerang sistem kekebalan tubuh yang merupakan komponen prima tubuh manusia untuk menyerang penyakit yang datang.

Penyakit Lupus atau Odapus adalah peradangan kronis pada tubuh yang disebabkan karena antibodi yang ada di dalam tubuh diproduksi secara berlebihan, sehingga antibodi yang normalnya berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit malah berbalik menyerang sel dan jaringan tubuh karena zat antibodi tersebut bereaksi secara berlebihan atau Autoimmune Disease. Penyakit ini merupakan kebalikan dari AIDS/HIV.

Baca Juga : Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

Jenis-jenis Lupus Akibat Bahaya Penyakit Lupus

Penyakit lupus sendiri terdapat beberapa jenis, antara lain:

1. Lupus Eritomatosus Neonatal

Jenis ini terjadi pada bayi yang baru lahir yang diakibatkan dari auto antibodi yakni, anti-Ro, anti-La dan anti-RNP. Umumnya penyakit ini terjangkit pada kulit dan dengan sendirinya akan menghilang.

Namun lupus jenis ini bisa juga menyebabkan Congenital Heart Block atau gangguan pada irama jantung bayi, cara mengatasinya yaitu dengan memasang alat pacu jantung.

2. Drug induced lupus atau lupus akibat dari penggunaan obat

Mengonsumsi beberapa jenis obat kimia bisa juga menyebabkan gejala mirip lupus, pada orang yang tidak mengidap SLE. Tetapi sifatnya hanya sementara, dan ketika penggunaan obat tersebut berhenti gejala yang muncul tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Jenis obat yang dapat memicu munculnya penyakit lupus yakni Antiaritmina, D-Penicillamine, Procainamide, Metidopa, Minocycline (obat untuk jerawat) dan lain sebagainya.

3. Lupus Eritematosus Sistemik atau SLE

SLE adalah kepanjangan dari Systemic Lupus Erythematosus. Jenis lupus ini biasanya terjadi secara menyeluruh atau sistemik pada tubuh manusia penderita dan jenis ini merupakan yang sering terjadi.

Jenis ini menyerang banyak organ terutama kulit, ginjal dan sendi bahkan otak sehingga dinamakan lupus sistemik. Gejala yang utama dari jenis ini adalah oragan-oran yang ada di dalam tubuh mengalami inflasi kronis.

4. Lupus Eritematosus Kutaneus atau CLE

CLE adalah kepanjangan dari cutaneous lupus erythematosus. Jenis ini adalah manifestasi dari lupus terhadap kulit yang bisa berdiri tanpa bantuan organ lain dan merupakan bagian jenis SLE serta merupakan yang paling ringan.

Lupus jenis ini terbagi lagi menjadi 3, antara lain CCLE atau Chronic Cutaneous Lupus Erythematosus , SCLE atau Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus, dan ACLE atau Acute Cutaneous Lupus Erythematosus.

Gejala-gejala dari Bahaya Penyakit Lupus

Sebenarnya bahaya penyakit lupus ini gejalanya tidak bisa didiagnosa secara pasti karena mirip dengan penyakit-penyakit yang lain secara umumnya sehingga dijuluki “Penyakit Seribu Wajah” dan lebih serang menyerang wanita dari pada laki-laki di usia produktif.

Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia

Meskipun gejalanya sulit untuk dideteksi karena mirip dengan gejala penyakit lainnya, ada beberapa gejala umum dari bahaya penyakit lupus ini antara lain:

1. Mudah Lelah

Karena penyakit ini menyebabkan sirkulasi pada sel-sel darah terganggu sehingga menyebabkan tubuh menjadi kurang bergairah dan mudah lelah sebab organ-organ di dalam tubuh mulai terganggu fugsinya.

2. Demam

Demam yang dialami oleh orang yang terkena lupus biasanya mencapai 38 derajat lebih dan berulang kali. Hal yang menyebabkan suhu tubuh meningkat ini adalah respon terhadap infeksi dan peradangan pada tubuh.

3. Ruam di wajah

Ini merupakan gejala utama dari penyakit lupus yang khas yaitu munculnya ruam di kulit wajah. Bentuk ruam ini biasanya menyerupai kupu-kupu yaitu memanjang dan terjadi karena kulit sangat sensitif terhadap cahaya.

Apabila gejala-gelaja tersebut dibiarkan dan tidak diketahui sejak dini, lupus akan semakin berbahaya layaknya penyakit jantung, kanker maupun AIDS dan bahaya penyakit lupus yang paling parah adalah dapat menyebabkan kematian.

Hal ini bisa saja terjadi karena organ-organ tubuh yang diserang oleh lupus adalah organ vital seperti ginjal, hati, paru-paru, jantung. Selain itu lupus memerlukan waktu yang sangat lama untuk pemulihannya.

Bahaya penyakit lupus bisa saja dihadapi dengan penanganan yang tepat. Sebenarnya bahaya atau tidaknya penyakit lupus tergantung dari lupus jenis apa yang menyerang, tetapi dengan melakukan penanganan yang tepat setidaknya pertumbuhan lupus dapat terkontrol.

Lupus bukanlah penyakit yang menular sehingga Anda tak perlu khawatir jika berinteraksi dengan orang penderita lupus. Meskipun di Indonesia penyakit ini jumlah pengidapnya masih sedikit ada baiknya jika Anda tetap selalu waspada mengingat bahaya penyakit lupus sangat besar.

Baca Juga : Saluran Pencernaan pada Bayi ketahui 5 Faktanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here