Home Tips Kesehatan Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

226
0

Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus – Ada berbagai bahaya terlalu kurus yang akan mengancam Anda jika memang Anda terlalu menggebu untuk menurunkan berat badan Anda secara signifikan.

Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

Anggapan gemuk selalu identik dengan berbagai permasalahan kesehatan memang sangat benar. Bukan berarti yang demikian ini kemudian Anda berniat untuk menurunkan berat badan hingga mencapai bentuk tubuh yang kelewat ideal atau kurus.

Pasalnya, kondisi tubuh yang kurus sering kali menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan. Kaitannya dengan bahaya terlalu kurus semacam ini bisa jadi tidak diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

Seseorang yang memiliki tubuh kurus disebutkan bahwa berat badan dan tinggi badannya tidaklah proporsional. Dalam aturan tertentu, seseorang yang Underweight akan memiliki IMT (Indeks Masa Tubuh) mencapai kisaran kurang dari 18,5.

Oleh sebab itu, kondisi yang demikian ini patut untuk disadari dan kemudian kaitannya dengan bahaya terlalu kurus juga harus diperhatikan juga untuk membuat Anda menjadi lebih waspada dan tidak terlalu berlebihan dalam menguruskan badan.

Baca Juga : Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Di Balik Bahaya Badan Terlalu Kurus yang Patut di Ketahui

Masih berkaitan dengan bahaya terlalu kurus, berikut ini beberapa hal yang memang patut untuk diwaspadai ketika seseorang terlalu kurus.

Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

Pastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, karena akan memiliki pengaruh besar dalam menetukan kualitas hidup juga nantinya. Berikut beberapa bahaya menjadi kurus yang perlu Anda ketahui.

1. Kekurangan Asupan Gizi

Salah satu bahaya terlalu kurus yang patut diwaspadai adalah adanya kekurangan asupan gizi yang pastinya akan mempengaruhi adanya gangguan kesehatan.

Kecenderungan seseorang wanita, secara spesifuk, yang ingin menjadi kurus akan mengurangi jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh karena mereka menyadari bawah menjadi kurus itu adalah hal yang mengagumkan. Namun tidak selamanya anggapan semacam ini benar adanya.

Sebagai contoh kaitannya dengan bahaya terlalu kurus, jika seseorang mengalami kondisi badan yang kurus, maka orang tersebut berpotensi mengalami kekurangan zat besi. Ketika Anda tidak memenuhi kebutuhan zat besi, maka Anda akan mengalami permasalahan anemia.

Kondisi ini nantinya akan menjadikan seseorang lemah, lesu dan letih. Dalam jangka panjang, seseorang akan berpeluang mengalami Osteopania hingga masalah Osteoporosis.

2. Menjadi lebih Mudah Sakit

Saat Anda memutuskan untuk menjadi kurus, maka bahaya terlalu kurus yang selanjutnya adalah membuat Anda menjadi lebih rentan mengalami berbagai permasalahan kesehatan.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa orang kurus akan membatasi pengkonsumsian protein dan juga antioksidan. Ketika pemenuhan gizi ini tidaklah seimbang, maka Anda akan lebih mudah sakit.

Terkait dengan bahaya terlalu kurus, seseorang yang kekurangan protein akan menyebabkan permasalahan dalam pembentukan hormone, jaringan dan juga enzim pada saat orang yang bersangkutan mengalami infeksi.

Selain itu, kekurangan antioksidan juga menyebabkan permasalahan ketidakmampuan tubuh dalam menghadapi radikal bebas sehingga Anda menjadi gampang sakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak Clinical Microbiology and Infection di tahun 2018 silam mengungkapkan bahwa kaitannya bahaya terlalu kurus, seseorang yang kurus akan cenderung muda terinfeksi dengan bakteri.

Dengan kondisi semakin kurus, maka semakin besar peluangnya mengalami berbagai penyakit.

3. Penurunan Tingkat Kesuburan Seseorang

Tahukah Anda jika seseorang yang memiliki badan kurus sangat cenderung mengalami yang namanya amenore atau gangguan pada siklus menstruasi.

Dalam hal ini, bahaya terlalu kurus bisa menyebabkan siklus menstruasi berhenti mendadak sehingga menjadikan siklus tersebut tidak teratur dan menyebabkan proses pembuahanpun juga sulit untuk terjadi. Hingga akhirnya kegagalan untuk hamil lebih cepat akan semakin besar.

Pada pria, bahaya terlalu kurus juga menyebabkan adanya permasalahan atas gangguan sel sperma. Kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan pada hormone sehingga kemampuan dari sel sperma untuk membuahi sel telur juga akan mengalami penurunan. Jika hal ini dibiarkan, maka kualitas sperma semakin hari semakin memburuk.

4. Osteoporosis

Seperti yang dilansir dari Healthline, seseorang yang terlalu kurus sering kali menyebabkan adanya permasalahan gangguan atas kepadatan tulang. Dalam istilah medisnya, kondisi ini dinamakan Bone Mineral Density (BMD).

Masih berkaitan dengan bahaya terlalu kurus, bahaya ini cenderung lebih parah dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan proporsional.

Saat kepadatan tulang tersebut berkurang, maka tanpa mengabaikan bahaya terlalu kurus, seseorang akan mengalami yang namanya osteoporosis.

Disebutkan bahwa dalam sebuah penelitian, setidaknya 24 wanita dengan nilai indeks masa tubuh kurang dari 18,5 cenderung menunjukkan angka BMD lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

5. Ganggaun Hormon

Siapa sangka jika ternyata bahaya terlalu kurus bisa menyebabkan adanya gangguan hormon. Dalam hal ini, seseorang akan menjadi lebih rentan mengalami yang namanya gangguan kesehatan tulang, jantung dan juga reproduksi.

Parahnya lagi, gangguan hormon yang mengatur stress juga akan terjadi sehingga bisa jadi seseorang akan lebih sering mengalami stress saat mencoba terlalu kurus.

Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

Banyak alasan mengapa Anda tidak disarankan untuk menjadi sosok yang terlalu kurus. Kaitannya akan hal ini, bahwa bahaya terlalu kurus sangat berpengaruh pada gangguan kesehatan.

Menanggapi adanya kasus tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk kemudian menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak terlalu kurus. Jangan sampai Anda mengalami gangguan kesehatan akibat obsesi Anda menjadi sosok yang kurus.

Baca Juga : Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here