Home Tips Kesehatan 5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

183
0

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan – Bagi Anda yang ingin memiliki hidup sehat mulai sekarang, wajib mengkonsumsi 5 jenis jamu tradisional yang masih eksis dan memiliki manfaat kesehatan berikut ini.

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Industri jamu tak lagi dilirik dewasa ini seiring perkembangan teknologi dan kecanggihan dunia kedokteran. Namun, khasiat jamu tradisional masih dipercaya efektif menyehatkan tubuh lho! Hal ini sudah dibuktikan dengan eksistensi jamu tradisional sejak jaman nenek moyang.

Kalau Anda memiliki masalah kesehatan seperti mudah lelah atau menderita penyakit tertentu, mungkin bisa mencoba mengkonsumsi jamu tradisional. Bahan alami tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh kok.

Sebagai rekomendasi jamu tradisional yang berkhasiat bagi kesehatan, berikut 5 jenis jamu yang berasal dari ramuan rempah yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga : Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Jamu Temulawak

Siapa yang tidak tahu dengan khasiat jamu tradisional yang terbuat dari bahan alami seperti temulawak? Selain temulawak sebagai bahan utama, jamu temulawak juga menggunakan tambahan bahan kombinasi seperti jinten, asam jawa, gula aren, daun pandan dan kencur. Menu jamu temulawak sendiri merupakan salah satu minuman wajib presiden Joko Widodo setiap pagi lho!

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Rutin mengkonsumsi jamu temulawak akan memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah penyakit hepatitis, membantu hati memproduksi cairan empedu, menghilangkan gejala masuk angin dan menyembuhkan sakit kepala.

Bagi orang yang memiliki masalah jerawat tak kunjung berhasil menggunakan pengobatan kimia, bisa mempertimbangkan konsumsi jamu tradisional yang mudah dibuat ini.

Jamu Beras Kencur

Penjual jamu masih bisa Anda temui di daerah pedesaan yang masih mudah mendapatkan bahan ramuan alami di lingkungan sekitar. Salah satu jamu tradisional yang populer adalah jamu beras kencur.

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Ya, jamu ini terbuat dari bahan rempah kencur dan beras. Selain itu, terdapat tambahan bahan lain seperti biji kedawung, jahe, biji kapulaga, asam jawa, kunyit, gula merah, gula putih, jeruk nipis, kayu keningar dan garam.

Khasiat jamu tradisional beras kencur bagi kesehatan ini mampu menambah nafsu makan anak-anak, menghilangkan rasa pegal dan linu, meringankan sakit batuk dan bisa membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, jamu tradisional ini juga dipercaya bisa menyembuhkan masalah sakit lambung.

Jamu Kunyit Asam

Ada banyak jamu kunyit asam yang telah diproduksi secara modern dalam bentuk bubuk yang bisa Anda tambahkan air hangat. Tetapi, Anda juga bisa membuat jamu tradisional yang berkhasiat ini di rumah lho!

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Cukup siapkan bahan yang dibutuhkan seperti kunyit, asam jawa, sinom, temulawak, biji kedawung, jeruk nipis, gula pasir putih, gula jawa, garam dan jeruk nipis.

Khasiat jamu tradisional ini paling disukai kaum Hawa sebab dipercaya bisa membuat tubuh lebih langsing. Kunyit sendiri mengandung banyak kurkumin, vitamin C, protein, karbohidrat dan zat besi.

Jamu kunyit asam juga terbukti mampu mengatasi permasalahan wanita seperti menstuasi tidak lancar, mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan rasa lelah saat datang bulan. Wanita wajib membuat ramuan dari rempah alami yang aman dikonsumsi ini.

Jamu Pahitan

Dikenal dengan nama jamu pahitan sebab memiliki dominasi rasa pahit yang begitu tidak disukai. Jamu pahitan sendiri terbuat dari bahan alami yaitu lempuyang, daun wiloto, daun meniran, serai, lengkuas, widoro laut dan rempah-rempah lain. Meski memiliki rasa pahit yang tidak disukai, khasiat jamu tradisional ini sangat banyak lho!

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Khasiat jamu tradisional pahitan bisa menekan nafsu makan sehingga patut dikonsumsi orang yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Ramuan alami ini juga ampuh mengobati penyakit kembung, menghilangkan bau tak sedap pada tubuh, menurunkan risiko diabetes dan kolesterol serta bisa menjadi ramuan penghilang jerawat alami.

Cara membuat jamu satu ini cukup mudah sebab Anda hanya perlu merebus semua bahan dengan air hingga berubah menjadi lebih kental.

Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih merupakan jamu tradisional paling direkomendasikan untuk para wanita. Khasiat jamu tradisional ini sangat baik untuk menjaga kebersihan organ intim.

Jamu ini juga bisa mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tak sedap serta merupakan vagina dan mengecilkan rahim di perut setelah melahirkan.

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Jamu tradisional ini telah ada sejak jaman nenek moyang yang terbuat dari bahan rempah kunci dan daun sirih. Selain itu, terdapat penambahan bahan lain yang tak kalah berkhasiat yaitu daun beluntas, kunyit, jahe, kencur, biji kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai dan buah delima.

Buah delima yang ada pada ramuan alami ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sebab bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Yakin tidak ingin mendapatkan khasiat jamu tradisional satu ini?

5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Beberapa rekomendasi jamu tradisional di atas bisa Anda masukkan dalam daftar menu sehat yang aman. Tidak adanya bahan kimia akan membuat Anda bisa mendapatkan khasiat jamu tradisional tanpa risiko negatif bagi tubuh.

Yuk, menikmati resep jamu tradisional yang telah diwariskan nenek moyang terdahaulu! Bisa memiliki tubuh sehat dengan rutin mengkonsumsi jamu tradisional tentu akan membuat hidup Anda lebih produktif.

Baca Juga : Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here