Home Tips Kesehatan 16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

287
0

16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya – Manfaat madu biaknya hanya sekedar untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Pengonsumsian secara rutin akan mendapatkan khasiat terbaik dari madu.

16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

Hewan yang paling mujarab untuk kesehatan adalah lebah. Di mana lebah ini menghasilkan madu yang dikonsumsi sebagai obat dari segala obat.

Madu dijadikan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Banyak manfaat madu ini pun bukan hanya untuk penyakit saja, melainkan untuk perawatan kesehatan serat kecantikan.

Baca Juga : Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

Madu yang rasanya manis ini sudah sangat dikenal manfaatnya dan memang sangat disukai. Madu tidak memerlukan gula sama sekali untuk menghasilkan rasa manis. Semuanya alami dan dibalik rasa manis tersebut terdapat mujarobat yang ampuh.

Berikut adalah paparan manfaat madu yang wajib kita tahu :

1. Anti Bakteri

Madu dijadikan sebagai anti bakteri yang sangat ampuh untuk menghilangkan endapan bakteri di dalam tubuhnya kandungan hidrogen peroksida di dalam madu sudah dibawa sejak dikeluarkan dari tubuh lebah. Hidrogen inilah yang berperan aktif untuk menghasilkan obat antibakteri.

2. Anti Jamur

Jamur pun bisa menyebabkan penyakit. Bisa dibayangkan jika ada jamur di dalam tubuh. Melihat adanya jamur di batuan atau lingkungan sekitar saja sudah mengerikan dan menjijikkan, apalagi kalau jamur itu ada di dalam tubuh kita. Namun kita tidak perlu khawatir karena madu siap untuk mengatasinya. Madu akan mengusir jamur jauh-jauh.

3. Obat Bisul

Bisul adalah penyakit kulit. Bisul keluar lewat pori-pori kulit yang tidak sehat. Penyebabnya adalah juga karena bakteri. Kita tidak perlu membeli obat yang mahal karena ada obat alami yang murah dan mujarab, yakni madu.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Ini adalah manfaat madu yang sangat penting. Kaitannya adalah dengan semakin tingginya penderita jantung. Apalagi banyak yang terserang jantung tiba-tiba. Ini bisa dihindari dengan rutin mengkonsumsi madu. Kandungan antioksidan yang tinggi pada madu bisa memperkecil resiko penyakit jantung.

5. Pencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Untuk mencegahnya, kita bisa mengkonsumsi madu. Kapan saja kita bisa mengkonsumsinya dengan manfaat yang sesuai dengan apa yang kita harapkan.

6. Obat Kuat Bagi Para Atlet

Adapun kebutuhan stamina yang tinggi ini sangat diperlukan oleh para atlet. Aktivitas mereka yang sangat tinggi mendorong mereka untuk berusaha keras meningkatkan kualitas fisiknya. Biasanya mereka akan minum obat kuat atau obat penambah stamina. Efeknya adalah stamina bertambah.

Namun ketergantungan tidak bisa diabaikan, karena saat tidak meminumnya, maka akan lemas. Berbeda dengan mengonsumsi madu yang jelas alami tanpa efek samping dan dijamin akan meningkatkan stamina tubuh. Adanya glikogen di dalam madu inilah yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan stamina atlet.

7. Membuat Kadar Gula Darah Menjadi lebih Teratur

Hal ini penting, karena penyakit gula darah menjadi penyakit yang berpotensi buruk bagi tubuh. Untuk itulah agar kadar gula dalam darah seimbang dan penyakit jual darah tidak menjangkiti tubuh kita, maka manfaat madu harus kita dapatkan.

Walaupun madu itu manis, tetapi madu tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah karena adanya kandungan hipoglikemik yang rendah.

8. Sebagai Obat Luka Bakar

Salep adalah obat luka bakar yang sangat dicari saat kita kena luka bakar. Tetapi ternyata tidak, ada obat lain yang lebih ampuh, yakni madu. Adapun kandungan antibiotik dalam madu yang akan membantu menyembuhkan luka bakar. Selain itu juga untuk menangkal jamur yang bisa menginfeksi luka bakar.

9. Sebagian Probiotik Alami

Kandungan madu ini sangat baik untuk anak-anak. Anak-anak akan terbantu dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Kandungan probiotik yang tinggi bisa membuat anak lebih sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

10. Manfaat Madu untuk Kekebalan Tubuh

Penangkal penyakit adalah sistem imunitas. Ini disebut juga dengan kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh bagus, maka sudah pasti kita akan jarang sakit. Untuk itulah kemudian kita disarankan untuk rutin minum madu. Madu akan merangsang sel-sel kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik dan maksimal.

11. Obat Batuk

Kalau batuk, kita tidak perlu membeli obat. Tidak perlu juga segera pergi ke dokter. Ada madu yang siap menjadi pereda batuk ringan yang kita derita.

12. Obat Untuk Sakit Tenggorokan

Suplemen suara yang paling efektif dipakai para penyanyi adalah madu. Tidak harus menggunakan obat ebagia suplemen. Tenggorokan yang sakit akan mengganggu aktivitas.

Jika terus diobati dengan bahan kimia, takutnya malah menjadikan kota ketergantungan. Tenggorokan pun akan semakin sakit karena tidak semua cocok dengan bahan kimia. Maka dari itulah cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi madu.

13. Meningkatkan Kinerja Otak dalam Mengingat

Bisa dikatakan bahwa manfaat madu bisa didapatkan untuk meningkatkan daya ingat. Kita bisa memberikan madu secara rutin untuk anak-anak. Ini akan membuta daya ingat anak lebih berkembang.

14. Menguatkan kandungan

Madu sangat cocok untuk ibu hamil. Madu memberikan tambahan nutrisi untuk janin sehingga memperkecil resiko keguguran. Bumil akan sangat mengincar manfaat madu yang satu ini.

15. Memudahkan Sistem Ekskresi bagi Bumil

Kesulitan buang air besar adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Tetapi dengan rutin mengonsumsi madu, dipastikan hal tersebut tidak akan terjadi.

16. Manfaat Madu untuk Kecantikan

Sangat banyak manfaat madu ini untuk kecantikan. Bahkan kita pun bisa melihat banyaknya kosmetik yang mengandung madu. Adapun manfaat-manfaat madu di bidang kecantikan yang perlu kita ketahui, yaitu :

  • Menghilangkan flek hitam yang membandel.
  • Membuat kulit lebih mudah karena regenerasi sel aktif yang lebih maksimal.
  • Menyembuhkan radang jerawat.
  • Membersihkan kulit dari jerawat.
  • Membuat kulit lebih sehat.
  • manfaat madu juga untuk mengenyalkan kulit.
  • Mengecilkan pori-pori pada wajah sehingga tidak mudah jerawatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

Ribuan manfaat madu yang bisa kita dapatkan. Contoh di atas hanyalah sebagian kecil saja. Yang terpenting adalah telaten dalam mengonsumsi madu atau menggunakanya dengan baik. Keluhan kesehatan pasti akan segera berakhir dan kesehatan yang sebenarnya akan kita dapatkan.

Baca Juga : Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here