Home Tips Kesehatan 10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami

10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami

292
0

10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami – Musim dingin memberikan pengaruh di semua aspek kehidupan. Bukan hanya terhadap perekonomian masyarakat saja, melainkan juga berpengaruh pada keadaan tubuh.

10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami

Hal ini didukung oleh para pakar kesehatan dunia, salah satunya adalah seorang dokter dari NYU Langone Health. Beliau menyampaikan bahwa ada efek cuaca dingin pada tubuh dan juga pada pikiran.

Baca Juga : 6 Upaya Alami Untuk Tulang Sehat dan Kuat

10 Efek Cuaca Dingin pada Tubuh

Tubuh sudah pasti akan merasakan kedinginan saat cuaca dingin. Menggigil lebih tepatnya. Namun hal tersebut hanya akan terjadi jika kita berada di daerah bersalju. Itu pun juga akan dialami oleh orang-orang yang berasal dari negara yang tidak memiliki musim dingin, seperti orang Indonesia.

Tetapi efek cuaca dingin pada tubuh pun masih akan dialami oleh orang Indonesia walaupun di Indonesia tidak ada musim dingin. Hal ini dikarenakan ada musim hujan yang menyebabkan munculnya cuaca dingin. Efek cuaca dingin ini akan dirasakan langsung oleh tubuh namun ada yang tidak disadari oleh kita.

Berikut adalah efek-efek cuaca dingin pada tubuh yang perlu kita ketahui :

1. Jari tangan menjadi menyusut

Ini adalah efek yang tidak kita sadari karena kita tidak meneliti sampai ke jari tangan. Padahal ada tandanya kalau jari-jari menyusut saat cuaca dingin, yakni cincin yang kita pakai menjadi lebih longgar.

Sebenarnya penyebab utamanya adalah karena pembuluh udara yang mengempit saat cuaca dingin. Ini terjadi di dalam lapisan jemari tangan, sehingga kita tidak mengetahuinya.

Adapun tujuan dari penyempitan pembuluh darah ini adalah untuk menjaga suhu tubuh sehingga akan terasa hangatnya.

Aliran darah tidak akan terganggu walaupun dalam keadaan cuaca yang dingin, namun dengan trik mempersempit pembuluh darahnya.

2. Tubuh lebih cepat dalam membakar kalori

Ini juga menjadi efek cuaca dingin pada tubuh. Di mana kita akan cepat merasa lapar karena makanan yang kita makan langsung dibakar menjadi kalori.

Berarti cuaca dingin adalah kesempatan untuk diet. Bukan demikian, karena kalori yang dibakar saat cuaca dingin adalah untuk membuat kondisi kehangatan tubuh tetap stabil.

3. Menurunnya fungsi penglihatan

Ini biasanya terjadi di daerah bersalju. Sangat jarang terjadi di cuaca dingin di daerah tropis seperti Indonesia. Namun perlu kita ketahui jika cuaca dingin yang ekstrim bisa merusak kornea mata, karena pantulan cahaya matahari ke salju yang menghasilkan cahaya yang sangat tajam.

4. Tampilan wajah yang memerah

Bukan karena iritasi, melainkan karena arus balik darah yang seharusnya dikaitkan ke seluruh tubuh, tetapi malah kembali ke jantung dan paru-paru. Ini tidak akan kita sadari karena yang kita tahu wajah memerah di cuaca dingin adalah karena iritasi.

5. Nyeri di beberapa bagian tubuh

Efek cuaca dingin pada tubuh ini adalah hal yang biasa kita rasakan. Rasa pegal linu di beberapa bagian tubuh biasanya menjadi hal yang biasa di rasakan saat cuaca dingin.

Biasanya bagian tubuh yang mengalaminya adalah telinga, tangan, atau juga kaki. Penyebab dari rasa nyeri ini adalah berkurangnya suplai darah ke kulit.

6. Resiko serangan jantung yang tinggi

Tekanan darah yang meningkat karena kerja jantung yang lebih keras saat cuaca dingin adalah hal yang menjadi sebab akibat tingginya resiko serangan jantung di saat cuaca dingin ini.

Efek cuaca dingin pada tubuh ini tergolong dalam hal yang berbahaya karena bisa mengintai siapa saja, bukan hanya bagi mereka yang memiliki resiko tinggi karena keturunan.

7. Mood menurun

Ini juga menjadi efek cuaca dingin pada tubuh yang sering kita rasakan. Kita menjadi malas ke mana-mana karena setiap hari hujan. Akibatnya tubuh akan merasa tidak semangat seperti biasanya. Metabolisme pun semakin meningkat tanpa banyak gerak.

8. Lemak tubuh meningkat

Ini adalah efek cuaca dingin pada tubuh yang sudah banyak dipahami. Keinginan untuk makan lebih sering menjadi kegiatan mengasyikkan di musim dingin.

Bahkan sudah makan pun kita masih minum minuman hangat yang manis disertai dengan camilan. Gerak berkurang makan ditambah, maka lemak dalam tubuh akan meningkat. Berat badan pun melambung.

9. Kenaikan berat badan

Rasa lapar yang sangat tinggi membuat nafsu makan pun tinggi. Akibatnya, Berat badan meningkat.

10. Pernapasan lebih cepat

Kesulitan untuk bernapas saat musim dingin sering kita alami juga. Aliran darah yang berkurang membuat kinerja jantung menjadi lebih cepat. Ini mengakibatkan pernapasan menjadi lebih cepat.

10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami

Masih banyak lagi efek cuaca dingin pada tubuh yang bisa saja terjadi tanpa kita ketahui. Bahkan yang sudah kita ketahui pun juga masih banyak yang lainnya.

Cara menyikapinya adalah dengan menyediakan pakaian hangat saat cuaca dingin. Tidak perlu menunda untuk minum minuman hangat karena ini akan meringankan efek cuaca dingin pada tubuh.

Baca Juga : Sisi Negatif Perawatan Ear Candle

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here